Penerapan Face Recognition Berbasis GUI Visual Studio 2012 Menggunakan Algoritma Eigenface dan Metode Pengembangan Waterfall Pada Sistem Absensi Mahasiswa IT Telkom Purwokerto

  • Ilham Fauzi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Apri Junaidi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Wahyu Andi Saputra Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: : Image, Eigenface, Face recognition, Image Processing, C #, Attendance System

Abstract

Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, salah satunya adalah karakteristik alami yang dimiliki oleh manusia yaitu wajah. Wajah manusia tentu saja memiliki ciri unik yang membedakan satu dengan lainnya, sehingga dapat dikenali oleh manusia lain maupun oleh suatu sistem yang memiliki kemampuan tersebut. Pengenalan wajah berkaitan erat dengan  biometrik manusia, hal tersebut dikarenakan terdapat informasi unik yang terkandung di dalamnya. Teknologi pengenalan wajah dapat dimanfaatkan salah satunya pada sistem presensi kehadiran.

Banyak metode yang digunakan pada proses pengenalan wajah, salah satunya dengan menggunakan algoritma eigenface. Eigenface berfungsi untuk menghitung eigenvalue dan eigenvector yang akan digunakan sebagai fitur dalam melakukan pengenalan wajah. Citra akan direpresentasikan dalam sebuah gabungan vektor yang dijadikan satu matriks tunggal. Dari matriks tunggal ini akan di ekstrasi suatu ciri utama yang membedakan antara citra wajah satu dengan citra wajah yang lainnya. Untuk dapat mengenali dan mengidentifikasi wajah seseorang maka pada penelitian ini  diperlukan sebuah tools tambahan berupa web camera atau sering kita kenal dengan istilah WebCam dan aplikasi yang akan digunakan adalah Visual Studio 2012.

Teknologi pengenalan wajah ini dapat dimanfaatkan oleh IT Telkom Purwokerto sebagai sistem presensi kehadiran mahasiswa. Salah satu hasil evaluasi perlunya pemanfaatan teknologi face recognition sebagai sistem presensi kehadiran mahasiswa dikarenakan belum optimalnya pemanfaatan sistem absensi berbasis RFID yang sebelumnya telah digunakan, berbagai permasalahan teknis yang dihadapi oleh sistem absensi tersebut mengakibatkan proses absensi kembali dilakukan secara manual menggunakan kertas absensi yang diberikan oleh Dosen.

 

Kata kunci: Citra, Eigenface, Face recognition, Image Processing, C#, Sistem Absensi

Published
2022-02-23
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)