Pelatihan Dan Sosialisasi Tiktok Shop Sebagai Strategi Digital Marketing Untuk Optimalisasi UMKM Menuju Digitalisasi

  • maliana puspa arum institut teknologi telkom purwokerto
  • Chusnul Maulidina Hidayat
Keywords: TikTok Shop,UMKM, Digital Marketing

Abstract

Desa Cipaku merupakan salah satu desa di kecamatan Mrebet, kabupaten Purbalingga yang sebagian besar warganya bergerak pada pengelolaan UMKM. Menurut perangkat desa di Desa Cipaku, jumlah UMKM di desa tersebut sudah banyak, namun pelaku UMKM masih melakukan pemasaran secara tradisional seperti Word of Mouth (WoM) dan promosi menggunakan aplikasi WhatsApp. Selama ini, pelaku UMKM masih merasa kesulitan dalam penggunaan media pemasaran digital sehingga belum banyak yang menggunakannya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan sosialisasi dan pelatihan digital marketing khususnya TikTok. Pemilihan media pemasaran menggunakan TikTok dikarenakan platform tersebut sedang banyak digunakan masyarakat umum dan memiliki TikTok Shop yang merupakan fitur social commerce dengan tujuan agar pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi tersebut dapat mempromosikan dan menjual produk. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk optimalisasi kegiatan pemasaran bagi UMKM secara digital agar produk UMKM di desa Cipaku dapat mencakup lingkup yang lebih luas. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di desa Cipaku dilaksanakan dengan menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan untuk seluruh pelaku UMKM. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, pelaku UMKM yang belum memiliki akun TikTok Shop dapat terbantu mengelola produk yang dihasilkan pada platform tersebut dan memahami cara memasarkannya. Hasil dari adanya Sosialisasi dan Pelatihan ini adalah peningkatan kemampuan dari pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform TikTok Shop dan juga meningkatkan penjualan barang yang diproduksi oleh UMKM tersebut.

References

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Science and Innovation Technology, Vol 1(No 1), 565–572. http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit
Dharma, B. (2023). Analisis Penjualan Online Melalui Media Sosial Tiktok. 3(3), 269–278.
Gunawan, G. G., & Sulaeman, M. (2020). Determining Factors in the Use of Digital Marketing and Its Effect on Marketing Performance in the Creative Industries in Tasikmalaya. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(3), 2543–2550. https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1239
Kano, K., Choi, L. K., Riza, B. subhan, & Dinda octavyra, R. (2022). Implications of Digital Marketing Strategy The Competitive Advantages of Small Businesses in Indonesia. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 1(1), 44–62. https://doi.org/10.34306/sabda.v1i1.72
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483
Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 352–358.
Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen Inovasi, 17(3), 505–512.
Sari, M. N., Septrizarty, R., Farlina, W., & Kahar, A. (2022). Analisis Strategi Bisnis UMKM Melalui Pemanfaatan Media Sosial TikTok Shop. Journal of Economic and Management Scienties, 5(1), 1–9. https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEMS/article/view/155
Su, Y., Baker, B. J., Doyle, J. P., & Yan, M. (2020). Fan engagement in 15 seconds: Athletes’ relationship marketing during a pandemic via TikTok. International Journal of Sport Communication, 13(3), 436–446. https://doi.org/10.1123/ijsc.2020-0238
Published
2023-08-11
Section
Articles