A Pelatihan Bisnis Online Pada Remaja di Panti Asuhan Daarul Hadlonah

at the Daarul Hadlonah Orphanage

  • Anjar Safitri Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Adityo Nugroho Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Adityo Nugroho Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Abstract

Kemajuan teknologi dan internet mendukung kemajuan bisnis, berupa peralihan strategi konvensional menjadi strategi digital. Bisnis online saat ini menjadi tren yang dilakukan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orangtua. Tujuan dari pelatihan ini yaitu mensosialisasikan mengenai penting dan kemudahaan bisnis online, serta menjelaskan cara-cara berbisnis online yang dilakukan anak remaja saat ini, serta hambatan dan tips sukses berbisnis online untuk anak-anak remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah. Adapun metode pelatihan yang dilakukan adalah melalui diskusi sharing dalam pertemuan semiformal. Diskusi terbagi menjadi tiga sesi yaitu penyampaian materi, praktik dan diskusi isu terkini. Sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan penyebaran kuesioner pada peserta untuk mengetahui kebutuhan dan evaluasi pelaksanaan pelatihan. Sosialisasi pelatihan bisnis online mampu meningkatkan pengetahuan peserta sebanyak 30%, dan menambah minat berbisnis online sebesar 45%. Hasil pelatihan ini menambah pengetahuan remaja mengenai ruang lingkup, cara, hambatan dan tips sukses bisnis online, selain itu juga menambah skill memanfaatkan internet untuk menunjang bisnis melalui praktik pembuatan akun bisnis online, serta memperkuat karakter untuk menjadi pebisnis online yang bijak melalui diskusi dua arah terkait kondisi saat ini dan tips sukses berbisnis online

References

Badan Pusat Statistik. 2019. Februari 2023: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,45 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,94 juta rupiah per bulan. ttps://www.bps.go.id/pressrelease/2023/05/05/2001/februari-2023--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-45-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-2-94-juta-rupiah-per-bulan.html. Diakses tanggal 15 Juni 2023.
Katadata Media Network. 2023. Pelaku e-commerce Didominasi Usia Muda.Pelaku e-commerce Didominasi Usia Muda (katadata.co.id) Diakses tanggal 15 Juni 2023.
Kesici Caliskan, Hulya. 2015. Technological Change and Economic Growth . Procedia - Social and Behavioral Sciences 195 ( 2015 ) 649 – 654.
Kihombo, Shauku, Zahoor Ahmed, Songsheng Chen, Tomiwa Sunday Adebayo & Dervis Kirikkaleli. 2021. Linking financial development, economic growth, and ecological footprint: what is the role of technological innovation?. Environmental Science and Pollution Research volume 28, pages 61235–61245 (2021).
Lulia, ellena Apavaloaie. 2014. The Impact of the Internet on the Business Environment. Procedia Economics and Finance Volume 15, 2014, Pages 951-958.
Purkanhani , A., Kh. AbdipourA, B.BaherA dan M.Moslehpour. 2019. The impact of social media in business growth and performance: A scientometrics analysis. International Journal of Data and Network Science 3 (2019) 223–244
Sihotanga, John , R.A. Aryanti Wardaya Puspokusumoa, Yen Suna dan Dadang Munandara. 2020. Core competencies of women entrepreneur in building superior online business performance in Indonesia. Management Science Letters 10 (2020) 1607–1612
Trinugroho, Irwan, Putra Pamungkas, Jamal Wiwoho, Sylviana Maya Damayanti, dan Teddie Pramono. 2022. Adoption of digital technologies for micro and small business in Indonesia. Finance Research Letters. Volume 45, March 2022, 102156.
Published
2023-08-15
Section
Articles