Pengimplementasian Learning Management System (LMS) untuk Membantu Pembelajaran Daring di SMA IT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto

  • irmayatul hikmah institut teknologi telkom purwokerto
  • Raditya Artha Rochmanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhammad Yusro Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Nurlaili Nurlaili Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Indah Permatasari Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Syariful Ikhwan Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) membuat proses belajar mengajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan Learning Management System (LMS). Penggunaan LMS di Indonesia saat ini masih didominasi di tingkat perguruan tinggi termasuk di Purwokerto. Salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah di Purwokerto yang belum dapat menerapkan LMS adalah SMA IT Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto. Hambatan yang ditemui di SMA ini adalah masalah teknis untuk pemasangan aplikasi dan banyak staf pengajar yang belum mengetahui tentang penggunaan LMS. Salah satu media LMS saat ini yang banyak digunakan adalah moddle yang diharapkan dapat diterapkan di sekolah ini. Melalui program pengabdian masyarakat, telah diberikan pendampingan teknis mulai dari instalasi hingga penerapan moddle dan pelatihan mengenai penggunaan fitur-fitur di moddle. Berdasarkan hasil survey didapatkan bahwa rata-rata tingkat keefektifan penggunaan LMS ini adalah 8,03 (skala 10) dengan poin keefektifan tertinggi sebesar 8,61 untuk variasi aktivitas LMS untuk membantu dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa sementara itu poin terendah sebesar 7,50 berkaitan dengan kemudahan dalam tahapan membuat aktivitas pada LMS.

References

Agustina, R., Santosa, P. I. and Ferdiana, R. (2016) ‘Sejarah, Tantangan, dan Faktor Keberhasilan dalam Pengembangan e-Learning’, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (November).
Data sebaran Covid-19 di Indonesia (2020). Available at: https://covid19.go.id/ (Accessed: 19 January 2020)
Hui, D. S., Azhar, E. I., Madani, T. A, dkk. (2020, Februari) ‘The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health - The latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China’ International Journal of Infectious Disease, 91, 264-66
Kango, R. and Ghozi, S. (2019) ‘Tantangan pembelajaran E-Learning di perguruan tinggi’, SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora), 1(1), pp. 137–144.
KEMENDIKBUD (2020) ‘Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (DAPODIKDASMEN)’. Available at: https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id (Accessed: 7 April 2020).
Kemendikbud. (2020, Maret 16). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. Dipetik April 13,
2020, dari LLDIKTI Wilayah I
Kurniawan, B., Purnomo, A. and . I. (2020) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS MTs Di Kota Malang’, International Journal of Community Service Learning, 4(1), p. 1. doi: 10.23887/ijcsl.v4i1.22236.
Purwokerto SMA IT Al Irsyad Al Islamiyah (2019) SMA IT Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto. Available at: http://www.smaitalirsyadpwt.sch.id/ (Accessed: 7 April 2020).
Sukmana, S. E., Kurniawan, D. and Adi, P. W. (2018) ‘Pendampingan Pembuatan Modul, Soal, dan Tugas Berbasis Daring untuk Guru SMP Negeri 30 Semarang’, Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), p. 41. doi: 10.33633/ja.v1i2.8.
Sumarno, A. (2019) Spada Indonesia. Available at: http://spada.ristekdikti.go.id// (Accessed: 7 April 2020).
Published
2022-01-31
Section
Articles