Pengembangan dan Pemanfaatan Platform Digital Untuk Desa Wisata di Desa Ngoro-oro Gunungkidul
Abstract
Desa Ngoro-oro adalah salah satu desa di Kabupaten Gunungkidul yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Namun, pada masa pandemi COVID-19 penyebaran informasi wisata tidak dapat dilakukan secara konvensional. Pada program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan platform digital untuk mendorong operasional baik dari penyebaran informasi, transaksi jasa dan jual beli barang hasil usaha kecil dan menengah (UKM). UKM ini diberi nama dengan UKM "Bangkit". Pada program pengabdian masyarakat ini dikembangkan beberapa sistem diantaranya, website portal dan reservasi wisata, sistem informasi keuangan, kanal YouTube, Facebook, Instagram sebagai media digital marketing, dan pembuatan akun aplikasi e-commerce pada platform Shopee. Pendampingan dan pelatihan penggunaan kanal-kanal, fotografi, dan video editing. Dampak yang dirasakan adalah pengurus dan anggota UKM "Bangkit" memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan dan pemanfaatan platform digital untuk desa wisata di Desa Ngoro-oro Gunungkidul. Selain itu, pemanfaatan platform digital ini dapat menumbuhkan intensi untuk mengembangkan desa wisata.
References
Cleo, T. (2021). Why Digital Ecosystems are Driving Digital Transformation. Retrieved October 14, 2021, from https://www.cleo.com/blog/digital-ecosystems
Hasan, M., Dzakiyyah, A., Kumalasari, D. A., Safira, N., & Aini, S. N. (2021). Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(2), 135–150. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i2.2529
Mulasari, S. A., Tentama, F., Sukesi, T. W., Sulistyawati, S., Nafiati, L., Yuliansyah, H., … Rokhmayanti, R. (2021). UKM “Bangkit”: Strategi Penguatan Ekonomi dan Kebangkitan di Era Kenormalan Baru COVID-19. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 140. https://doi.org/10.25077/logista.5.1.140-146.2021
Nirmala, B. P. W., & Lavianto, S. (2019). Pemanfaatan Digital Enabler Dalam Transformasi Pemasaran Desa Wisata Berbasis Kerakyatan di Bali. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1).
Qisthani, N. N., Darmawan, A., Fauziah, E., & Hidayatuloh, S. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah (IKM) Kerajinan Kemuning Di Tegal Jawa Tengah. Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN), 1(1), 27–32. https://doi.org/https://doi.org/10.20895/ijcosin.v1i1.271
Sulistyawati, S., Mulasari, S. A., Tentama, F., Nafiati, L., & Yuliansyah, H. (2021). Penyuluhan dan pelatihan kewirausahaan sebagai upaya peningkatan intensi berwirausaha pada UKM ”Bangkit”. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.5661
Suroyo, S. (2021). Fenomena Media Sosial di Masa Pandemi COVID-19 Untuk Meningkatkan Bisnis Online. Jurnal Indikator, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37753/indikator.v2i2.162
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649
Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada UKM Selama Pandemi COVID-19 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.38043/jimb.v6i1.3093
Wulandari, E., Riyanto, B., Munib, J. A., Adib, A., & Suharto, M. (2020). Digital Media Sosial Untuk Mempromosikan “Geblek Yu Lastri” di Desa Nanggulan Kulon Progo Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 30–35. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.857
Copyright (c) 2022 IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.