Membangun Ekosistem Inovasi Wisata Inggris Kebumen Untuk Mendukung Karangsambung Menuju Unesco Global Geopark

  • Achmad Zaki Yamani institut teknologi telkom purwokerto
  • Novanda Alim Setya Nugraha Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Geopark Nasional Karangsambung Kebumen telah mendapatkan pengakuan sebagai Taman Bumi (Geopark) Nasional ke 15 yang diakui resmi oleh Pemerintah sebagai cagar warisan taman bumi berkaliber Internasional pada bulan Desember 2018 lalu. Pemerintah Daerah Kebumen perlu mengambil inisiatif dan memiliki kepentingan untuk mendorong peran masyarakat di kawasan Geopark karangsambung untuk bisa mengakselerasi pembangunan ekonomi sosial budaya kawasan Geopark tersebut, utamanya berkaitan dengan peningkatan penguasaan bahasa inggris masyarakat dalam mendukung sektor pariwisata di sekitar kawasan Geopark pada pendidikan luas sekolah (PLS). Pembangunan ekosistem inovasi kampung wisata inggris kebumen dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya over supply low quality sumber daya manusia di sekitar kawasan Geopark Karangsambung Kebumen. Penelitian ini fokus pada pengkajian mengenai faktor budaya dan iklim inovasi pada Community based tourism (Pokdarwis) kampung wisata inggris Kebumen (Kwik) untuk mendukung pembangunan Geopark Karangsambung Kebumen menuju UNESCO Global Geopark. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sementara itu teknik yang digunakan peneliti ialah dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menjadi pendukung dari seragkaian proses pengumpulan data serta menarik kesimpulan dari analisis penelitian tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan harapan bisa memberikan sumbangsih terhadap upaya pembangunan sumber daya manusia guna mengakselerasi Geopark Karangsambung Kebumen menuju UNESCO Global Geopark kedepanya

References

Gumelar S. Sastrayuda. (2010). Handout Mata Kuliah Concept Resort and Leisure, Strategi Pengembangan dan Pengelolaan Resort and Leisure. UPI.
Hadiwijoyo, Suyo Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu
Harian Nasional Suara Merdeka/ edisi 14 November 2017.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Miradj, S., & Sumarno, S. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Miskin, Melalui Proses Pendidikan Nonformal, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 101 - 112.
Rahim Firmansyah. (2012) Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Soleh,Chabib. (2014). Diaklektika Pembangunan dengan Pemberdayaan. Bandung : Fokusmedia
Theresia, Aprillia, Dkk. 2015. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta
Published
2022-01-31
Section
Articles