Strategi digital marketing untuk mengembangkan ekonomi dan pariwisata Desa Petahunan

  • Khairun Nisa Meiah Ngafidin Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Darmansah Darmansah Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Pengembangan ekonomi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dari sisi teknologi, ekonomi dapat ditingkatkan dengan cara memanfaatkan internet untuk memasarkan suatu produk atau mengiklankannya di media sosial tertentu. Seiring berkembangnya zaman, media sosial kini telah menawarkan begitu banyak pilihan yang dapat digunakan untuk menunjang perekonomian pengguna. Permasalahannya masih banyak masyarakat yang belum dapat memaksimalkan penggunaan internet. Selama ini penggunaan internet hanya dibatasi pada hal-hal yang sifatnya umum seperti penggunaan untuk berkomunikasi atau berselancar. Pemanfaatan dalam hal penjualan belum maksimal diketahui dan dimanfaatkan. Produk yang dihasilkan oleh desa seperti gula merah dan jenang memiliki potensi yang bagus apabila dipasarkan menggunakan internet. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai strategi digital marketing guna meningkatkan perekonomian dan pariwisata desa Petahunan. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD), persiapan, dan pelaksanaan kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat dapat mengetahui lebih lanjut bahwa melalui digital marketing masyarakat dapat memanfaatkan berbagai macam platform digital seperti Youtube, Instagram, Whatsapp maupun media lain untuk memasarkan hasil usahanya dan tidak hanya terpaku dengan model penjualan konvensional secara luring.

References

Hilmiana dan Kirana, D.H. (2021). Peningkatan Kesejahteraan UMKM Melalui Strategi Digital Marketing. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124 – 130.
Fadhilah, D.A., dan Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17-22.
Purwana, D., Rahmi, dan Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1), 1–17.
Ramadhanti, C.A., Nadya, D.R., Mustaqimah, Z., dan Yosintha, R. (2021). Strategi Digital Marketing UKM Terdampak Covid-19 di Kelurahan Sidorejo Temanggung. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 31-42.
Febriyantoro, M.T., dan Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.
Published
2022-01-31
Section
Articles