Bahan Ajar Pengembangan Kompetensi Pada SDN Panembangan Cilongok Menggunakan Prezi

  • M Yoka Fathoni Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Rona Nisa Sofia Amriza Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Sena Wijayanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dwi Januarita Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Yogo Dwi Prasetyo Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Presentation, Prezi, Teacher

Abstract

Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Sekolah Dasar adalah jenjang pendidikan dasar di Indonesia. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Panembangan Cilongok adalah sebuah sekolah dasar yang terletak di Desa Panembangan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Kegiatan proses pembelajaran ditunjang melalui kegiatan guru yang akan menyampaikan  materi kepada siswa. Pada saat proses pembelajaran guru menyampaikan materi berupa secara langsung atau menggunakan PowerPoint. Media lain yang digunakan selain power point yang dapat digunakan untuk penyampaian materi adalah prezi. Prezi merupakan aplikasi presentasi yang dapat digunakan secara offline maupun online. Aplikasi prezi dapat membantu untuk menyampaikan materi lebih menarik, sehingga memudahkan dalam menuangkan ide-ide untuk dikomunikasikan dengan siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru-guru SDN Panembangan Cilongok dengan pengetahuan tentang media alternatif yang dapat mendemonstrasikan proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik.

References

Arianti, ARIANTI. 2019. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2): 117–34.
Darmadi, Hamid. 2015. “MENJADI GURU PROFESIONAL Diperbincangkan , Karena Guru Merupakan Sumber Kunci Keberhasilan Pendidikan . Didik Yang Menyangkut Berbagai Aspek Yang Bersifat Manusiawi Yang Unik Dalam.” Jurnal Edukasi 13(2): 161–74.
Elfrida, Domina, Heru Santosa, and Totok Amin Soefijanto. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru Dan Implementasi Kurikulum Asing Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Internasional Jakarta Utara.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 4(1): 53.
Hartini, S. et al. 2017. “Developing Learning Media Using Online Prezi into Materials about Optical Equipments.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6(2): 313–17.
Jatobá, Alessandro et al. 2016. “PREZI, CLOUD-BASED PRESENTATION, FOR TEACHING: HOW IS IT INTERESTING?” Revista Brasileira de Ergonomia 9(2): 10. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106.
Nurseto, Tejo. 2012. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8(1): 19–35.
Rambe, Mangarahon. 2019. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 3(4): 781.
Susanti, R. 2014. “Jurnal Pendidikan IPA Indonesia PEMBELAJARAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3(2): 123–27.
Published
2022-01-31
Section
Articles