Pendampingan UMKM LMT Production House Purbalingga Dalam Pembuatan Dan Pemasaran Produk Motor Listrik

  • aditya wijayanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Anggi Zafia Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Aulia Desy Nur Utomo Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Yoso Adi Setyoko Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ipam Fuaddina Adam Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Dyno Test, Mikrokontroler, Motor Listrik

Abstract

Saat ini pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia sudah semakin maju. Dengan adanya TIK yang maju maka kami ingin mengkolaborasikan antara TIK dengan teknologi mesin khususnya mesin kendaraan agar menghasilkan nilai manfaat yang lebih baik. Salah satu produk yang kami ciptakan hasil kolaborasi TIK dan mesin adalah alat ukur performansi kendaraan yang sering dikenal dengan Dyno Tester. Dyno tester atau Dinamometer merupakan suatu mesin yang digunakan untuk mengukur torsi (torque) dan kecepatan putaran (rpm) dari tenaga yang diproduksi oleh suatu mesin, motor atau penggerak berputar lain. Ketersediaan energi listrik di Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini telah terjadi surplus pada sebagian besar wilayah Indonesia sehingga pemerintah berencana akan menggalakkan penggunaan motor listrik pengganti motor bensin. Kementrian ESDM berencana memberikan regulasi atau aturan bagi bengkel-bengkel yang akan mengkonversikan motor bensin ke motor listrik sehingga dibutuhkan standarisasi untuk regulasi tersebut. Maka dibuat alat pengukur performa kendaraan listrik yang disebut dyno tester motor listrik dengan kerjasama bersama mitra UMKM LMT Production house. Manfaat dari dyno motor listrik dapat memberikan informasi performa kendaran bermotor yang dapat digunakan sebagai bagian dari standarisasi kendaraan motor listrik

References

N, S., & M, M. (2018). Uji Performa Motor ensin Berbasis Program Labview. Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 1009 - 1014.
P, K., & K, B. (Januari, 2019). Analisis dan Perancangan Rotor Pendingin Dynamometer Adrus Eddy.
Puspitasari, F., & Gusfa, H. (2017). Strategi Promosi Online Shop Melalui Sosial Media dalam Membangun Brand Engagement. Jurnal Ilmu Komunikasi, 115-130.
Sinaga, N. (2018). Perancangan dan Pembuatan Data Logger Sederhana untuk Dinamometer Sasis Sepeda Motor. Rotasi, 46 - 55.
Winarso, K. (2015). Pemasaran UKM Batik Pamekasan (Studi kasus : UKM Batik Kec. Proppo Kab. Pamekasan. 128 - 142.
Anggarini, D., Parga Zen, B., & Pranata, M. (2022). SECURITY ANALYSIS ON WEBSITES USING THE INFORMATION SYSTEM ASSESSMENT FRAMEWORK (ISSAF) AND OPEN WEB APPLICATION SECURITY VERSION 4 (OWASPv4) USING THE PENETRATION TESTING METHOD. Jurnal Pertahanan, 8(3), 2549–9459. https://doi.org/10.33172/jp.v8
Zen, B. P., Gultom, R. A. G., & Reksoprodjo, A. H. S. (2020). Analisis Security Assessment Menggunakan Metode Penetration Testing dalam Menjaga Kapabilitas Keamanan Teknologi Informasi Pertahanan Negara. Jurnal Teknologi Penginderaan, 2(1), 105–122.
Published
2022-01-31
Section
Articles