Digitalisasi Buku Dasa Wisma dan Profiling Desa Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Desa Baseh

Main Article Content

Dwi Januarita A.K
Citra Wiguna
Rona Nisa Sofia Amriza

Abstract

Desa Baseh merupakan salah satu Desa Wisata yang menjadi lokasi pengembangan wisata di Kabupaten Banyumas. Kondisi saat ini dalam pengelolaan buku dasawisma desa Baseh masih dilakukan secara manual dan memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, desa baseh memiliki beberapa objek wisata yang belum dipublikasikan dan dikembangkan secara maksimal seperti situs batur agung, batur agung waterpark, taman buah, air terjun dan warung gunung. Dari permasalahan tersebut, untuk membantu pengelolaan buku dasa wisma dan memperkenalkan objek wisata ke masyarakat umum maka dilaksanakan pelatihan secara berkelanjutan untuk digitalisasi buku dasawisma dan profiling Desa. Pada pelatihan ini disampaikan materi mengenai Pembuatan, Pengisian dan sinkronisasi dengan mail merge Tabel Buku Data Keluarga Kelompok Dasawisma menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel. Untuk memperkenalkan objek wisata dikembangkan website mengenai Profilling desa yang berisi tentang informasi dan layanan publik, layanan informasi seputar desa, dan Informasi Objek wisata yang dapat diupdate secara berkala pada website. Dari kegiatan pelatihan, masyarakat dapat mengelola buku dasawisma secara efektif, serta dengan adanya profiling desa Baseh, objek wisata akan lebih dikenal dan dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Article Details

Section
Articles

References

Jalunggono, G., Fauzi, P., & Aji, R. W. (2019, December). ANALISIS DAMPAK EKONOMI DESA WISATA BASEH (BATUR AGUNG) KABUPATEN BANYUMAS. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar (pp. 1-19).
Kasmahidayat, Y. (2018). Analisis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Interpersonal Relationship Kehumasan Persekolahan. Gunahumas, 1(2), 273-247.
Syahputra, R., Buulolo, E., & Hutabarat, H. (2021). Pelatihan Mail Merge Pada Madrasah Aliyah Swasta (Mas) Amaliyah. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 2(1), 66-68.
Martiany, D. (2015). Pemberdayaan Perempuan Desa. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 6(2), 203-212.
Astuti, R. T., Hidayati, L. N., Listiana, L., Rusda, F. A., & Abdilla, R. P. V. (2021). Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Kesehatan Jiwa Keluarga Di masa Pandemi Covid-19. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(2), 161-169.
Hartono, R. (2019). Aplikasi Pencatatan Data Dasar (PEDDAS) Pada Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Berbasis Website Di Kelurahan Tamanbaru Banyuwangi. Deepublish.