Model Inkubator Bisnis Teknologi pada Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa UNIKOM Berbasis Metode Sector Specific Incubator

Main Article Content

Bobi Kurniawan
Budi Herdiana
Sopian Alviana

Abstract

Ketertarikan berwirausaha dikalangan mahasiswa saat ini cukup besar sehingga memberikan dampak perubahan positif terhadap perekonomian lokal maupun nasional. Menghadapi perubahan ini diperlukan sebuah dasar gagasan bisnis yang harus dibangun sehingga akan melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang Tangguh dan berdaya saing kuat. Masalah menjaga konsistensi dan strategi bisnis inilah yang menjadi penghambat utama sehingga berpengaruh pada berkembangnya usaha bisnis yang telah dirintis. Karena itu usulan model inkubasi bisnis teknologi dengan pendekatan pelatihan dan pendampingan bagi calon wirausaha muda dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Sedangkan sector specific incubator digunakan sebagai metode teknik pelatihan dan pendampingan dengan memaksimalkan potensi sumber daya seperti mahasiswa, fasilitas fisik dan platform teknologi. Adapun tujuan yang akan dicapai adalah ingin memberikan penguatan gagasan dan semangat berwirausaha bagi mahasiswa guna menghadapi era bisnis digital. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi inkubasi sebanyak 77 orang terdiri dari mahasiswa dan alumni. Seleksi akhir didapatkan 6 mahasiswa sebagai calon wirausaha muda yang nantinya mampu mengimplementasikan gagasan bisnisnya berdasarkan proses inkubasi ini. Mereka diharapakan berhasil menerapkan gagasan strategi bisnisnya berdasarkan indikator banyaknya produk-produk yang terjual pasca inkubasi. Sedangkan secara kuantitas keberhasilannya tersebut bisa dilihat dari jumlah omzet produk yang terjual dengan rata-rata diatas 50 % dengan capaian nilai akhir usaha bisnis lebih dari 70 %.

Article Details

Section
Articles

References

Hasbullah, R. (2015). Peran Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kinerja Usaha UKM Pangan. JIPI: Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 20 (1), 59-65.
Mahani, S.A.E (2015). Tinjauan Model Inkubator Bisnis Rintisan (Bisnis Start up) di Indonesia. Performa: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12 (1), 76-95.
Soegoto, E.S. (2009). Enterpreneurship Menjadi Pebisnis Ulung, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Yohanes, S.P., Yunianto, M., dan Hartono, R. (2016). Inisiasi Pengembangan Inkubator Bisnis IT sebagai Jembatan Wirausahawan Muda IT. AJIE: Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1 (2), 131-133.
Marzaman, A.P. dan Hasan, W. (2020). Inkubator Bisnis: Strategi untuk Meningkatkan Kapasitas UKM Berbasis Makanan Di Kabupaten Gorontalo. AdBis Preuneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5 (2), 155-170.
Ristekdikti. (2017). Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi XI Tahun 2017, Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Kurniawan, B. dan Herdiana, B. (2017). Program IPTEK bagi Inovasi dan Kreatifitas Kampus IT Trainning & Service Center (ITSC) Unikom. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (1), 18-25.