Sosialisasi Disiplin Berlalu Lintas Pada Siswa SMA/SMK

  • Kholidia Ayunaning Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Avisha Gita P Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Adinda Audina Z Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menempati peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia. Penyebab terjadinya kecelakaan adalah  masalah ketidakdisiplinan pengendara dalam berkendara yang diawali dari perilaku pelanggaran tata tertib berlalu lintas dan kebanyakan korbannya adalah mereka yang masih berusia produktif atau dari kalangan pelajar. Sehingga pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan standar keselamatan dalam berkendara dan pengenalan rambu-rambu lalu lintas pada sekolah SMA Sejahtera Surabaya yang 75% telah mengendarai kendaraan bermotor sendiri. Dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan praktek diberikan dalam penyajian materi. Hasil dari sosialisasi disiplin berlalu lintas ini diperoleh nilai kepuasan 65% dengan skala penilaian baik untuk fasilitator, 60% untuk fasilitas dan 60% untuk pemateri serta 65% untuk materi yang diberikan. Saran untuk sosialisasi kedepannya bisa diselenggarakan dengan durasi yang lebih lama, tambahan alat peraga dan peserta mendapatkan buku panduan

References

A. Y. W. Sutikno, R. A. Pramita dan R. H. Fikri, “Menekan Angka Laka Lantas Melalui Sosialisasi Tertib Lalu Lintas Bagi Kelompok Renta Di Panti Asuhan Muhammadiyah Kabupaten Sorong,” Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat; vol. 4, no.2, Jul. 2015.
J. Fachrurrozy, N. S. Ulfa, H. P. Santosa, and T. Pradekso, "Hubungan Terpaan Sosialisasi Tertib Lalu Lintas Kementerian Perhubungan di Televisi dan Interaksi Peer Group dengan Perilaku Tertib Berlalu Lintas Pelajar dan Mahasiswa Semarang," Interaksi Online, vol. 3, no. 3, Jul. 2015.
S. Sadono, “Budaya Tertib Berlalu Lintas (Kajian Fenomologis Atas Masyarakat Pengendara Sepeda Motor Di Kota Bandung),” vol. 4, no.1, ISSN: 23389176. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 2016.
Solikah, “Pengaruh Peragaan Keamanan Berkendara (Safety Riding) Terhadap Sikap Disiplin Berlalu Lintas Pada Siswa Kelas V SD Ta’Mirul Islam Surakarta,” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2013.
Published
2023-01-25
Section
Articles