Peningkatan Penjualan Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing dan Penambahan Modal pada Laksmina Catering Desa Candisari

  • Aris Puji Purwatiningsih Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Semarang
  • Imang Dapit Pamungkas Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

Pemanfaatan digital marketing dan penambahan modal sangat penting untuk semua pelaku bisnis saat ini, termasuk usaha Catering rumah tangga di pedesaan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi melalui workshop tentang optimalisasi pemanfaatan digital marketing penambahan modal untuk memperluas pemasaran meningkatkan penjualan. Optimalisasi digital marketing dilakukan dengan pemanfaatan media sosial seperti whatsapp, instagram owner. Melalui informasi produk yang selalu diupdate pada whatsapp instagram bisa menghemat biaya promosi, menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan, bahkan bisa untuk menjaga komunikasi antara penjual konsumen. Modal bisa dimanfaatkan untuk diversifikasi produk bisnis dengan memproduksi makanan yang lebih variatif, bahkan untuk melakukan penjualan selain makanan minuman. Melalui kegiatan ini penjualan bisa ditingkatkan, bahkan bisa melakukan diversifikasi bisnis dengan menjual cosmetic, barang kebutuhan rumah tangga lainnya

References

Belair-Gagnon, V., Agur, C., & Frisch, N. (2017). The Changing Physical and Social Environment of Newsgathering: A Case Study of Foreign Correspondents Using Chat AppsDuring Unrest: Social Media + Society, 3(1). https://doi.org/10.1177/2056305117701163
Bornhäll, A., Johansson, D., & Palmberg, J. (2016). The capital constraint paradox in micro and small family and nonfamily firms. Journal of Entrepreneurship and Public Policy, 5(1), 38–62. https://doi.org/10.1108/JEPP-10-2015-0033/FULL/PDF.
Ismail, A. R. (2017). The influence of perceived social media marketing activities on brand loyalty: The mediation effect of brand and value consciousness. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 29(1), 129–144. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2015-0154/FULL/PDF.https://doi.org/10.1108/APJML-10-2015-0154/FULL/PDF.
Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. (2022.). Retrieved April 8, 2022, from https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022.
Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc
Mishra, A. S. (2019). Antecedents of consumers’ engagement with brand-related content on social media. Marketing Intelligence and Planning, 37(4), 386–400. https://doi.org/10.1108/MIP-04-2018-0130/FULL/XML.
Nur Indriantoro.2000. “Sistem informasi Strategik: Dampak Teknologi Informasi terhadap organisasi dan keunggulan kompetitif ”. Jurnal KOMPAK, No 9 Pebruari, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Yogyakarta (YO), Yogyakarta.
Riawan, & Kusnawan, W. (2018). Pengaruh Modal Sendiri dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Usaha (Studi Pada UMKM di Desa Platihan Kidul
Published
2022-07-31
Section
Articles