Optimalisasi Pemanfaatan Platform Digital Untuk Kegiatan Ngaji Online di Pondok Pesantren

Optimizing the Utilization of Digital Platforms for Online Recitation Activities at Islamic Boarding Schools

  • Achmad Zaki Yamani institut teknologi telkom purwokerto
Keywords: BAKTI, covid-19, online recitation

Abstract

Salah satu Program strategis Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) adalah terkait penyediaan akses internet di seluruh Indonesia, khususnya daerah 3T, yaitu daerah  tertinggal, terdepan dan terluar, adapun Akses Internet tersebut  diantara penerima manfaatnya yaitu adalah pondok pesantren. Di lain sisi, tantangan pondok pesantren dewasa ini semakin terasa dengan munculnya wabah pandemi Covid-19, dimana proses belajar mengajar, utamanya perihal kegiatan mengaji tetap harus berlangsung walau ditengah pandemic dengan segala aturan-aturan turunanya yang membatasi interaksi pembelajaran langsung. Oleh karenanya upaya-upaya optimalisasi pemanfaatan akses internet untuk mendukung kegiatan ngaji online di pesantren menjadi suatu keharusan melalui optimalisasi media digital untuk memastikan kualitas pendidikan di pondok pesantren berjalan dengan baik . Adapun dari kegiatan ini, pesantren yang berpartisipasi aktif terhadap kegiatan ngaji online sebanyak 18 Pondok Pesantren, 11 diantaranya masih melanjutkan kegiatan ngaji online hingga saat ini atau setara dengan 61,11% dari seluruh Pondok Pesantren yang mengikuti kegiatan ini.

References

Ahmad Farid. (2019). Optimalisasi Media Sosial Pesantren Untuk Membendung Konten Negatif Di Dunia Maya. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(1), 30–37.
Alfi, I. (2020). Strategi Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Era. 2(1), 26–39.
Falakhinnisa, Aini, Q., & Wafirah, M. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI DESA GUNUNGPRING. Khidmatan, 1(1), 166–174.
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Permana, B. A. C., Bahtiar, H., Sutriandi, A. E., Djamaluddin, M., & Suhartini, S. (2021). Pelatihan pemanfaatan teknologi sebagai media pendukung pembelajaran untuk guru di Kecamatan Sembalun. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 230–238. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4210
Riharsya, S. M., Aqila, Z., Bagaskara, S. S., & Khaerul, M. (2021). PENYULUHAN LITERASI DAKWAH DIGITAL BAGI KALANGAN.
Tawami, T., & Purwani, R. (2022). Jurnal Pengabdian Bidang Sosial dan Humaniora ( ABSAH ) VOLUME 1 NO 1 Maret 2022. Pengabdian Bidang Sosial Dan Humaniora (ABSAH), 1(1).
Wijayanti, V., Putri, M. L., & Firanti, D. A. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID 19 DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR KECAMATAN CAKUNG JAKARTA TIMUR. 1(November), 9–16.
Published
2022-07-31
Section
Articles