Pengenalan E-Commerce Pada Pokdarwis Desa Cikakak Dalam Hal Upaya Pengembangan UMKM
Abstract
Pada era saat pandemic E-Commerce merupakan alternative pilihan masyarakat untuk berbelanja secara online. Dampak positif dengan adanya internet sebagai media penjualan sistem pemasaran menjadi lebih luas, simple dan terperinci, dengan ini masyarakat dapat mengenal E-Commerce sebagai media penjualan online. Tujuan dari pengelanan E-Commerce adalah untuk menambah wawasan masyarakat desa Cikakak dari fungsi media promosi dan penjualan elektronik untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam memperkenalkan media website e-commerce. Jenis pengabdian masyarakat ini dilakukan secara langsung ke Desa Cikakak. Pengabdian ini mengambil studi kasus pada Pokdarwis desa Cikakak dengan sumber data yang diperoleh yaitu melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil pengabdian berupa pembuatan toko online di E-Commerce dengan menggunakan media promosi market place seperti Tokopedia, Bukalapak dan Google My Business sehingga dapat membantu serta mempermudah mengurangi biaya yang dikeluarkan, dapat menyampaikan informasi secara detail dan cepat mengenai produk kepada pelanggan. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu Desa Cikakak untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal serta dapat bersaing dengan toko offline maupun online yang sejenis.
References
Apriadi, Deni. 2017. “E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian.” journal resti 1(12): 131–36.
Budhi Pamungkas Gautama et al. 2020. “Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(4): 355–69.
Fathoni, M Yoka et al. 2022. “Pengembangan Kompetensi Bahan Ajar Pada Sekolah Dasar Negeri Panembangan Cilongok Menggunakan Prezi.” 2(1): 7–13.
Hahn, Laura, and Valeri Werpetinski. 2010. “Work in Progress - Using Participatory Action Research to Investigate Student Learning in Engineers Without Borders.” Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE: 26–28.
Hidayattullah, Muhammad Fikri, M. Yoka Fathoni, Dairoh Dairoh, and Yustia Hapsari. 2020. “Pemanfaatan Gaphics Designer Software Untuk Meningkatkan Kreativitas Promosi Produk Para Pengusaha UMKM Di Kota Tegal.” Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat 3(3): 242.
Ikhlas, Muhammad, and Lika Jafnihirda. “Comparative Analysis of Strategic Location Selection Decisions for MSMEs ( UMKM ) Using the MFEP and SAW Method.” : 0–4.
Nisa, Khairun, and Meiah Ngafidin. 2022. “Strategi Digital Marketing Untuk Mengembangkan Ekonomi Dan Pariwisata Desa Petahunan.” 2(1): 24–31.
Prabowo, Dedy Agung, M Yoka Fathoni, Rozali Toyib, and Dandi Sunardi. 2021. “Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengisian Konten Pembelajaran Pada SMKN 3 Seluma Untuk Mendukung Program SMK-PK Tahun 2021.” JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan) 1(2): 55–60.
Rehatalanit, Y. L.R. 2021. “Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis.” Jurnal Teknologi Industri 5(0): 62–69. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764.
Retnoningsih, Endang et al. 2019. “Knowledge Management System for Supporting the Small Medium Enterprise (UMKM) in Bekasi City.” Proceedings of 2019 4th International Conference on Informatics and Computing, ICIC 2019.
Santoso, Sugeng, Syafaat Pradipta, Trubus Sumantono, and Ari Ana Fatmawati. 2021. “PENGEMBANGAN DESA WISATA BERKONSEP KAPASITAS INOVASI DAERAH DI DESA TANJUNGJAYA, KABUPATEN PANDEGLANG, PROVINSI BANTEN Development of a Tourism Village with the Concept of Regional Innovation Capacity in Tanjungjaya Village, Pandeglang District, Banten Pr.” Jl. Menteng Raya No 29(2): 71–85.
Wang, Fei. 2021. “Building Dongguan Cross Border E-Commerce Industry ‘Closed Loop’ Ecosystem with Blockchain Technology.” Proceedings - 2nd International Conference on E-Commerce and Internet Technology, ECIT 2021: 155–58.
Wang, Ni. 2021. “Research on the Influence of the Cross-Border e-Commerce Development of Small and Medium-Sized Enterprises in Dongguan in the Post-Epidemic Era.” Proceedings - 2nd International Conference on E-Commerce and Internet Technology, ECIT 2021: 176–80.
Copyright (c) 2022 IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.