Implementasi Teknologi Media Pembelajaran Microsoft Office Pada Sekolah Dasar 1 Muhammadiyah Kota Bengkulu

  • Wildo Zen Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ariska Dimas Wic Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Geovano Defry Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Topan Samudra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sandhy Fernandez Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dewan guru dalam media pembelajaran untuk melakukan proses belajar mengajar pada SDN 1 muhammadiyah Kota Bengkulu, dengan melakukan pelatihan pemanfaatan teknologi media pembelajaran microsoft office terkhususnya microsoft Powerpoint untuk membuat presentasi pembelajaran. Kegiatan pelatihan media pembelajaran yang dilakukan SDN 1 Muhammadiyah Kota Bengkulu, Terjadi Peningkatan kemampuan guru-guru tentang microsoft office Powerpoint secara umum, para peserta telah mengetahui dasar-dasar Powerpoint dan telah mampu menerapkan hasil dari pelatihan dalam pembuatan bahan ajar dengan lebih bervariasi untuk dapat menarik perhatian para peserta didik dengan tampilan yang disajikan pada Powerpoint, serta dapat menambah motivasi guru-guru dalam membuat bahan ajar yang menarik dengan teknologi yang diharapkan dapat lebih mempermudah dalam penyampaian materi kepada siswa. Pada Pengabdian kali ini dilakukan praktik dari apa yang sudah disampaikan pada saat pelatihan, peserta diwajibkan praktek membuat media pembelajaran menggunakan Powerpoint menurut mata pelajaran masing-masing guru, setelah praktik dilakukan dapat dilihat bahwa 80% guru perta dapat membuat media bahan ajar dengan Powerpoint untuk satu mata pelajaran

References

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16-27.
Juanita, S., Hayati, P., & Sakti, D. V. S. Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyajikan Presentasi Menarik Dan Interaktif Bagi Guru Pkbm Negeri 27 Petukangan Dengan Pelatihan Microsoft Powerpoint. Sebatik, 23(2), 528-533.
Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Powerpoint untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 96-100.
Rizal, S., Salam, A., & Ismail, I. (2021). Pelatihan Internet dan Powerpoint untuk Guru-Guru di Sekolah Dasar 23 Kota Sabang. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 2(1), 1-5.
SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Diakses pada https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=10702592
Wahyujati, B. B. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Media Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ms Powerpoint. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 94-99.
Modul Microsoft Powerpoint. Diakses pada http://repositori.kemdikbud.go.id/15171/1/MS%20Powerpoint-dan-Multimedia.pdf.
Published
2023-01-25
Section
Articles