Optimalisasi Teknologi Cloud pada Tentara Nasional Indonesia di Institut Teknologi Telkom Purwokerto

  • Bita Parga Zen Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Trihastuti Yuniati Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Diandra Chika Fransisca Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhammad Eka Purbaya Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Kebijakan work from home akibat pandemi Covid-19 telah mengubah cara kerja pegawai, tidak terkecuali prajurit TNI di Korem 071/Wijayakusuma. Sistem kerja yang dilaksanakan secara daring memunculkan kebutuhan untuk saling berbagi berkas atau dokumen. Teknologi cloud memudahkan penggunanya untuk melakukan pekerjaan secara daring. Cloud storage, seperti Google Drive, memiliki beberapa fitur, seperti berbagi dokumen yang dapat disinkronisasi otomatis, sehingga pengguna tidak perlu repot mengunggah berkas untuk disebarkan. Selain itu, dengan disimpan di cloud juga dapat mencegah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data. Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum terlalu familiar dengan teknologi ini. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengguna, dosen dan mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan optimalisasi teknologi cloud, dalam hal ini Google Drive, kepada para prajurit TNI di Korem 071/Wijayakusuma. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang TT 104-105 kampus ITTP ini diikuti oleh 66 peserta. Peserta dilatih menggunakan Google Drive melalui web browser dan juga melalui perangkat mobile/smartphone. Peserta sangat antusias dengan diadakannya pelatihan Google Drive ini, terlihat dari hasil kuesioner kepuasan peserta yang menunjukkan rata-rata menjawab sangat setuju dan puas dengan pelatihan ini.

References

Giap, Yo Ceng et al. 2020. Cloud Computing: Teori & Implementasi. ed. Tonni Limbong. Yayasan Kita Menulis.

Hiya, Nirmadarningsih et al. 2021. “Pelatihan Penggunaan Google Drive Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 Di Lembaga Komunikasi Dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO-Indonesia).” Journal Liaison Academia and Society (J-LAS) 1(2): 9–18.

Jupriyadi, Jupriyadi et al. 2022. “Pelatihan Google Apps Sebagai Penunjang Administratif Di Desa Bandarsari.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 3(1): 15.

Mungkasa, Oswar. 2020. “Bekerja Dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19.” Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning 4(2): 126–50.

Nugroho, Agung. 2019. “Pelatihan Pemanfaatan Google Drive Untuk Manajemen Dokumen Dan File Di Pemerintahan Desa Sidowangi Kabupaten Magelang.” Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (November): 25–30.

Parga Zen, Bita, and Muhamad Azrino Gustalika. 2021. “Pelatihan Desain Grafis Photoshop Dan Coreldraw Di Korem 071 Wijayakusuma Guna Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis Bagi Para Anggota TNI.” Dedikasi Sains dan Teknologi 1(1): 5–12.

Questibrilia, Bivisyani. 2020. “Cloud Storage Sebagai Penyimpanan Data Terbaik Berbasis Internet.”

Retnoningsih, Endang et al. 2021. “Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Google Drive Dan Google Form Untuk Guru.” Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) 1(1): 17–27.

Zen, Bita Parga, Gita Fadila Fitriana, and M. Azrino Gustalika. 2021. “Peran Kompetensi Melalui Berfikir Komputasi Dalam Membangun Karir Di Dunia IT Menuju Era Society 5.0.” Dedikasi Sains dan Teknologi 1(2): 94–98.

Published
2022-07-31
Section
Articles