Pelatihan Google Class Room Offline untuk Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMP Darrosta Jakarta

  • Kursehi Falgenti Universitas Nusa Mandiri Jakarta
  • Witriana Endah P Universitas Nusa Mandiri
Keywords: Google Classroom, pembelajaran daring, android app

Abstract

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan dukungan google classroom di SMP Darrosta menghadapi dua kendala. Pertama, siswa memiliki akses internet yang terbatas dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru di google classroom. Kedua, Guru-guru belum memanfaatkan fasilitas google classrom offline (luring) untuk mempermudah siswa mengakses materi dan tugas di google classroom. Untuk efektivitas PTM terbatas di SMP Darrosta maka perlu dilakukan pelatihan google classroom offline. Metode pelatihan terdiri dari tahap persiapan yaitu survei lokasi kegiatan untuk menggali permasalahan yang dihadapi, tahap pelaksanaan yaitu pelatihan pengaturan google classroom offline secara hybrid dan tahap monitoring dan evaluasi untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru-guru SMP Darrosta. Program pelatihan google classrooom offline menghasilkan output meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru SMP Darrosta menggunakan google classroom. Guru memiliki pengetahuan dan keterampilan menjadikan materi dan tugas yang diberikan dalam google classroom diakses secara offline. Siswa dapat mengakses materi dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran dari perangkat handphone tanpa koneksi internet.

References

Hukumonline.com. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). In https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt543203b26feeb/sudah-dijatuhi-sanksi-etik--apakah-jaksa-masih-bisa-dituntut-secara-hukum (pp. 1–37). HukumOnline.com.
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Asmuni, A (2020).” Problematika Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19 dan Solusi pemecahannya. Jurnal Pedagogy 7(4). doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.
Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601-608.
Nirfayanti, N and Nurbaeti, N. (2019). “Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa,” Prox. J. Penelit. Mat. Dan Pendidik. Mat. ISSN 26158132 ISSN 26157667, vol. 2, no. 1, pp. 50–59.
Nurani, N. I., Uswatun, D. A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 50-56.
Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7-18.
www.hukumonline.com/pusatdata and SURAT, “SURAT EDARAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19),” 2020. www.hukumonline.com/pusatdata, [Online].
Published
2023-01-31
Section
Articles