Pelatihan Peningkatan Strategi Pemasaran Produk Wedang Uwuh Pada Unit Usaha Saking Griya
Abstract
Unit usaha Saking Griya merupakan salah satu bidang usaha minuman tradisional dengan produk utama yang ditawarkan adalah wedang uwuh. Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang menyegarkan dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sayangnya, di era modern seperti sekarang ini, eksistensi dari wedang uwuh mulai terkikis dan bahkan banyak dari generasi sekarang justru belum mengenal wedang uwuh. Hal tersebut dimungkinkan proses untuk memperkenalkan wedang uwuh seringkali dilakukan secara tradisional dan manual secara mulut ke mulut dan tidak mencakup sampai dengan lintas generasi. Sedangkan adanya teknologi komunikasi dan internet memiliki potensi yang besar untuk dapat membawa wedang uwuh agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Kegiatan pengabdian masyarakat pada unit usaha Saking Griya dimulai dari proses identifikasi permasalahan mitra, dan menemukan masalah yakni proses pemasaran produk yang masih tradisional, serta pemanfaatan media sosial untuk promosi yang belum maksimal. berdasarkan hasil identifikasi dan wawancara dirumuskan adanya solusi dalam bentuk pemaparan dan pendampingan kepada mitra guna meningkatkan strategi pemasaran dan promosi produk wedang uwuh Saking Griya. Selain itu, evaluasi terhadap logo dan pengemasan produk juga dilakukan agar menambah kesan modern dan menarik ketika digunakan sebagai konten promosi melalui media sosial. Berdasarkan proses pemaparan dan pendampingan yang dilakukan kepada mitra, dihasilkan berbagai konten promosi produk wedang uwuh Saking Griya yang dapat digunakan pada media sosial instagram yang nampak modern dan menarik bagi pelanggan yang membuat engagement media sosial instagram saking griya meningkat dan diiringi dengan bertambahnya jumlah followers beberapa waktu setelah strategi pemasaran dilakukan
References
Faridah, f., & wulandari, z. W. (2020). Pendampingan pemasaran industri lokal melalui penggunaan marketplace untuk meningkatkan hasil produksi pada masa pandemi covid-19 di desa sidomukti lamongan. Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 04(02), 15.
Hartati, a. S., & suryaningsum, s. (2019). Pengadaan usaha wedang uwuh dengan pemberdayaan ibu rumah tangga sebagai pengentas kemiskinan. Jurnal manajemen dayasaing, 21(1), 24–31. Https://doi.org/10.23917/dayasaing.v21i1.6434
Maftuhah, r., & rafsanjani, h. (2019). Pelatihan strategi pemasaran melalui media online pada produk usaha rumahan krupuk bawang dan kripik sukun. Aksiologiya: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 227. Https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1996
Mahastuti, d. (n.d.). Visualisasi media promosi produk wedang uwuh sekar dalam fotografi komersial.
Mulyaningsih, t., & hakim, a. R. (2020). Digital branding dan desain optimalisasi peningkatan penjualan produk umkm makanan tradisional di kabupaten sukoharjo. 2, 6.
Ningrum, l. D. (n.d.). Pelestarian wedang uwuh sebagai daya tarik wisata kuliner khas yogyakarta. 13.
Noor helia, v. (2016). Analisis pengembangan strategi pemasaran halal pada usaha kecil menengah produk wedang uwuh dan tepung bebas gluten di ukm progress jogja. Teknoin, 22(8). Https://doi.org/10.20885/teknoin.vol22.iss8.art7
Rahmawati, f. (2011). Kajian potensi “wedang uwuh” sebagai minuman funsional. 13.
Rusdi, m. (2019). Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada perusahaan genting ud. Berkah jaya. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 6(2), 83–88. Https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686
Swk, j., & hp, n. (2018). Peningkatan kualitas produksi usaha wedang uwuh untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dusun kerten imogiri bantul. 20(2), 7.
Untari, d., & fajariana, d. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun @subur_batik). 2(2).
Copyright (c) 2023 IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.