Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-anak dan Remaja

  • Emy Setyaningsih Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Dwi Setyowatie Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: Impact; Gadget; Social media

Abstract

Gadget bukanlah hal baru di kehidupan generasi milenial. Gadget dapat memudahkan anak-anak dan remaja berkomunikasi dengan keluarga maupun teman-temannya serta dapat dijadikan teman untuk mengisi waktu luang. Adanya akses internet dalam penggunakan gadget juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Penggunaan gadget juga memiliki dampak negatif bagi anak-anak dan remaja baik dari segi pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi. Hasil kegiatan sosialisasi dampak positif dan negatif penggunaan gadget serta media sosial di kalangan anak-anak dan remaja khususnya di Wilayah Tegal Pasar RT 8 RW 20 Banguntapan Bantul Yogyakarta teridentifikasi 46% telah terdampak, 39% cukup terdampak dengan penggunaan gadget dan media sosial, dan hanya 15% yang tidak terdampak. Salah satu cara untuk mencegah meluasnya efek negatif dari penggunaan gadget dan media sosial adalah dengan memberikan digital detox melalui kegiatan sosialisasi tersebut. Kegiatan ini berhasil digunakan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak dan remaja bagaimana caranya membatasi penggunaan gadget dan media sosial. Tujuannya adalah supaya anak-anak dan remaja kembali berpijak pada kehidupan nyata dan meminimalisasi penggunaan gadget untuk aktifitas di luar kegiatan yang mendukung sekolah. Selain itu, kegiatan ini berhasil memberikan pemahaman kepada orang tua agar selalu memberikan pendampingan serta meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak

References

Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1701–1709.
Fitri, S. (2017). Dampak Positif dan Negatif Media sosial Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5
Fitriana, Ahmad, A., & Fitria. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 05(02), 182–194. https://doi.org/psikoislamedia.v5i2.7898
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Priyatna, D., Ebi, F., Rohim, R. A., Rianto, A. T., Narliah, S. I., Mubarok, H., Aziz, M. A., Sahrijal, A., Septiana, P., Syauqie, A., & Munawaroh. (2022). Pengaruh Teknologi bagi Generasi Muda. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 3(2), 297–299.
Saragih, H., & Ramdhany, R. (2013). Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (Fjb) Kaskus. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 100. https://doi.org/10.21609/jsi.v8i2.331
Siti, K., & Nurizzati, Y. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa di Man 2 Kuningan. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 7(2), 161–176. https://doi.org/10.24235/edueksos.v7i2.3370
Sulaiman, A., & Mustopa, M. (2022). Dampak Negatif Media Sosial pada Perilaku Mahasiswa di Kota Cirebon. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.47453/communicative.v3i1.852
Sulistyorini, Z. B. (2017). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Exponential, 2(1), 206–211.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Taryadi, T., & Yunianto, E. (2022). Upaya Menangkal Konten Negatif dengan Pelatihan Literasi Digital Bagi Generasi Muda. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(2), 143–150. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v2i2.605
Widyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 109–112. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109–112
Wulandari, S., Reski, S. M., Nasution, Y. A., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 260–264. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939
Published
2023-01-31
Section
Articles