Peningkatan Kapasitas Pemahaman Warga Desa Melung Terhadap Pemasaran Melalui Internet

  • Kholidiyah Masykuroh Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ummi Athiyah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Irmayatul Hikmah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Andreas Rony Wijaya Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Internet merupakan hal penting yang tidak terelakkan lagi, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Masyarakat cenderung membutuhkan internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari baik itu sebagai media komunikasi melalui jaringan komunikasi elektronik maupun sebagai media pemenuhan mata pencaharian pokok. Desa melung merupakan desa wisata dan memiliki banyak UMKM yang dikelola oleh masyarakat desa. Masyarakat Desa Melung memiliki permasalahan yaitu belum memiliki pemahaman mengenai pemanfaatan internet secara maksimal terutama dalam hal melakukan pemasaran untuk desa wisata dan pemasaran produk UMKM masyarakat. Belum maksimalnya pemahaman warga desa melung dalam memanfaatkan internet serta kurangnya pemahaman warga mengenai internet terutama dalam hal pemasaran, melatar belakangi kegiatan sosialisasi dalam pengabdian masyarakat ini. Metode yang digunakan adalah workshop, dengan materi mengenai literasi teknologi, pengenalan internet, dan internet marketing. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dan juga hasil survei, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman masyarakat sesudah dilaksanakan workshop menunjukan baik sekali, ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman 4.3 dari skala 1-5 dan terjadi peningkatan pemahaman peserta tentang pemasaran menggunakan internet ditunjukan dengan kenaikan persentase kenaikan pemahaman masyarakat berkisar dari 10 – 24 % dan rata-rata peningkatan sebesar 17.2%, peningkatan persentase terkecil yaitu pada pernyataan ketiga sebanyak 10% tentang keaktifan masyarakat dalam menggunakan internet, sedangkan peningkatan persentase terbesar pada penyataan keempat sebanyak 24% tentang pemahaman internet dapat digunakan dalam proses pemasaran. Dengan demikian, warga masih perlu diberikan sosialiasi dan pelatihan mendalam  sehingga masyarakat Desa Melung dapat menggunakan internet untuk pemasaran

References

Badri, M. (2016). Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi pada Gerakan Desa Membangun). Jurnal Dakwah Risalah, 27(2), 62–73. http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v27i2.2514
Chasanah, U., Sofi’I, I., & Nursyifa, A. (2020). Pengenalan Internet Sebagai Media Promosi Usaha Kecil Di Kelurahan Buaran Serpong. Abdi Laksana, 1(2), 181–183. http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v1i2.4965
Kusnindar, A. A., & Juliono, A. Y. P. (2018). Pemanfaatan E-Commercepada Umkm Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Kelitbangan Bappeda Pringsewu, 3(2), 84–94.
Manurung, P. (2019). Peran Mahasiswa Dalam Pengembangan Desa Wisata. Research Fair Unisri 2019, 3(1), 502–507. https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2611
Masse, M. R. (2017). Internet Dan Penggunaannya (Survei di kalangan masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 13–24. https://doi.org/10.31445/jskm.2017.210102
Melung, P. (n.d.). Wilayah Desa Melung. www.melung.desa.id/wilayah/
Purba, A. M., Arifin, A., Adela, F. P., & Ritonga, A. D. (2021). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Dodol di Daerah Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.8363
Published
2023-01-31
Section
Articles