Analisis Aksesibilitas 10 Website E-Commerce Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process dan Simple Additive Weighting

Main Article Content

Zhafirah Zhafirah
Auliya Burhanuddin
Dwi Januarita

Abstract

Perkembangan e-commerce cukup pesat di kalangan masyarakat Indonesia. Aksesibilitas merupakan faktor penting untuk pengukuran kualitas dan perkembangan website e-commerce yang bertujuan memberikan kenyamanan pada user. Dalam pengukuran kualitas, pengambil keputusan seringkali kesulitan menentukan bobot kriteria yang bersifat subjektif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan metode yang memperhatikan kriteria yang bersifat subjektif melalui penilaian oleh pakar. Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) digunakan untuk menentukan bobot kriteria yang bersifat subjektif dan metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk melakukan penjumlahan dari bobot yang sudah dihasilkan. Input utama dalam penelitian ini adalah penilaian para pakar sebagai pengambil keputusan yang bersifat subjektif dengan data 10 website e-commerce yaitu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, Orami, Ralali, Bhinneka, JD.ID dan Zalora. Dari penelitian ini dihasilkan analisis kualitas website e-commerce terbaik berdasarkan aksesibilitasnya yaitu website Bukalapak memperoleh nilai jumlah akhir tertinggi yaitu 0,83 dan menduduki peringkat pertama, sedangkan website JD.ID memperoleh nilai jumlah akhir terendah yaitu 0,12 dengan posisi peringkat terakhir. Permasalahan yang paling banyak muncul pada WCAG 2.1 A 4.1.2 Bagian 508 (2017) A 4.1.2 mengenai label kosong sehingga perlu ditambahkannya label untuk kontrol terkait agar mudah dipahami oleh pengguna/user.

Article Details

How to Cite
Zhafirah, Z., Burhanuddin, A., & Januarita, D. (2022). Analisis Aksesibilitas 10 Website E-Commerce Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process dan Simple Additive Weighting. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 4(2), 90-94. https://doi.org/10.20895/inista.v4i2.532
Section
Articles

References

[1] A. Zaenudin, “Profil Konsumen Belanja Online di Indonesia,” Tirtoid. 2017.
[2] APJII, “Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020,” Asos. Penyelenggara Jasa Internet Indones., vol. 2020, pp. 1–146, 2020, [Online]. Available: https://apjii.or.id/survei.
[3] IPrice, “Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2018,” Peta E‑Commerce Indonesia. 2019, [Online]. Available: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/.
[4] B. Irawan and M. N. Hidayat, “Evaluasi aksesibilitas website covid19.kaltimprov.go.id menggunakan sortsite 5.3.5,” J. Paradig., vol. 9, no. 2, pp. 119–130, 2020.
[5] V. Julianto, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kualitas Mengajar Dosen Menggunakan Metode Fuzzy AHP dan SAW,” J. Sains dan Inform., vol. 6, no. 1, pp. 10–19, 2020, doi: 10.34128/jsi.v6i1.208.
[6] A. Suprapto and D. Sasongko, “Studi Empiris Evaluasi Performa Website IAIN Salatiga Menggunakan Automated Software Testing,” vol. 5, pp. 209–218, 2021.
[7] I. N. Sodhar, H. Bhanbhro, and Z. H. Amur, “Evaluation of Web Accessibility of Engineering University Websites of Pakistan through Online Tools,” Int. J. Comput. Sci. Netw. Secur., vol. 19, no. 12, pp. 85–90, 2019, doi: 10.13140/RG.2.2.12124.54403.
[8] R. Romindo et al., E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2019.
[9] F. P. Saputra, N. Hidayat, and M. T. Furqon, “Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process ( F-AHP ) Untuk Menentukan Besar Pinjaman Pada Koperasi,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, pp. 1761–1767, 2018, [Online]. Available: file:///C:/Users/DELL/Downloads/1352-1-10168-1-10-20170905.pdf.
[10] Norhikmah, Rumini, and Henderi, “Metode Fuzzy Ahp Dan Ahp Dalam Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Karyawan Berprestasi,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 09–38, 2013.
[11] S. Nia, Hanien, H, R. Rahmawati, and H. Yasin, “Penentuan Faktor Prioritas Mahasiswa Dalam Memilih Telepon Seluler Merk Blackberry degan Fuzzy AHP,” J. Gaussian, vol. 1, pp. 73–82, 2012.