Sistem Informasi Penjadwalan pada MIM PK Kartasura Berbasis Website

Main Article Content

Selvia Tunjungsih Wahyu Kesumastuti
Heru Supriyono

Abstract

Penjadwalan mata pelajaran sangat dibutuhkan di MIM PK Kartasura untuk mengatur kegiatan belajar-mengajar siswa dan guru setiap hari. Staf MIM PK Kartasura mengalami kesulitan dalam membuat jadwal, banyaknya jadwal guru atau mata pelajaran yang bertabrakan, memakan banyak waktu, dan sangat rawan terjadi human error. Untuk mengatasi masalah diatas penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk membuat Sistem Informasi Penjadwalan di MIM PK Surakarta berbasis Web yang bisa diakses dari beberapa perangkat dan juga memungkinkan guru dan orang tua juga dapat mendapat informasi tentang jadwal sekolah ataupun pengumuman-pengumuman penting lainnya untuk mencegah jika murid SD lupa memberitahukan kepada orang tua mereka. Sistem informasi akan berbasis website, alat-alat yang digunakan berupa Framework Django, Bootstrap, dan MySQL. Metode yang akan digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC). Pengujian dilakukan dengan metode SUS pada 18 responden menghasilkan skor 69 yang berarti baik (good) dan dapat diterima (acceptable).

Article Details

How to Cite
Kesumastuti, S., & Supriyono, H. (2020). Sistem Informasi Penjadwalan pada MIM PK Kartasura Berbasis Website. Journal of Telecommunication Electronics and Control Engineering (JTECE), 2(1), 35-43. https://doi.org/10.20895/jtece.v2i1.113
Section
Articles

References

[1] M. I. S. Al-zoubi and S. Al-zoubi, “Web Based Timetable Scheduling Systemfor Applied Sciences At College Of Arts &Sciences (CAS),” Int. J. ofEngineeringResearches andManagementStudies, vol. 3, no. 10, pp. 11–20, 2016.
[2] M. Dener and M. H. Calp, “Solving the Exam Scheduling Problems in Central Exams With Genetic Algorithms,” Mugla J. Sci. Technol., pp. 102–115, 2018, doi: 10.22531/muglajsci.423185.
[3] R. Pamungkas, “Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Kuliah Pada Stkip Widya Yuwana,” Semnasteknomedia Online, vol. 4, no. 1, pp. 4-11–121, 2016.
[4] V. . Hermawan, R., Hidayat A., Utomo, “Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Ganesha Operation Semarang),” Sist. Inf. Penjadwalan Kegiat. Belajar Mengajar Berbas. Web (Studi Kasus Yayasan Ganesha Oper. Semarang), vol. 4, no. 1, pp. 35–40, 2016, doi: 10.1109/ciced.2018.8592188.
[5] U. S. Sidin, “Sistem informasi penjadwalan mata pelajaran berbasis web,” semanTIK, vol. 2, no. 1, pp. 47–58, 2016.
[6] H. Supriyono, N. A. Saputro, and R. A. Pradessya, “Berbasis Sms Gateway ( Studi Kasus : Smp Muhammadiyah 1 Kartasura ),” 3rdUniversty Res. Coloquium 2016, pp. 1–15, 2016, doi: 10.1016/S1570-677X(02)00011-4.
[7] S. Barjtya, A. Sharma, and U. Rani, “A Detailed Study of Software Development Life Cycle ( SDLC ) Models,” Int. J. Eng. Comput. Sci. ISSN, vol. 6, no. 7, pp. 22097–22100, 2017, doi: 10.18535/ijecs/v6i7.32.
[8] S. S, “A Study of Software Development Life Cycle Process Models,” SSRN Electron. J., 2017, doi: 10.2139/ssrn.2988291.
[9] M. A. Rather and M. V. Bhatnagar, “A Comparative Study of Software Development Life Cycle Models,” Int. J. Appl. or Innov. Eng. Manag., vol. 5, no. 02, pp. 696–700, 2018.
[10] B. Pramitasari and Nurgiyatna, “Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band Universitas Muhammadiyah Surakarta Berbasia Web,” vol. 18, no. 01, pp. 59–65, 2019.
[11] D. P. M. Putri and H. Supriyono, “Rancang Bangun Sistem Presensi Berbasis QR Code Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus Kehadiran Asisten Praktikum),” pp. 1–9, 2019.
[12] A. Bangor, T. Staff, P. Kortum, J. Miller, and T. Staff, “Determining what individual SUS scores mean: adding an adjective rating scale,” Determ. what Individ. SUS scores mean adding an adjective Rat. scale, vol. 4, no. 3, pp. 114–123, 2009.