STRUKTUR VISUAL STORYTELLING BUKU CERITA BERGAMBAR “THE BAKER BY THE SEA”

Main Article Content

Ganis Resmisari

Abstract

Buku cerita bergambar merupakan salah satu media yang efektif dalam menyampaikan suatu pesan khususnya untuk target pembaca pemula atau anak-anak. Sesuai dengan perkembangannya sejarah buku bergambar di Eropa sudah dikenal sejak tahun 1500an dan mencapai puncaknya pada abad ke 19 terutama di Inggris dan Amerika pada saat percertakan dengan warna pertama kali muncul. Hingga saat ini buku cetak masih dihargai walaupun di tengah gempuran media-media digital yang tentu saja bisa menyajikan alternatif baru. Templar publisher adalah salah satu penerbit yang menghasilkan buku anak-anak dengan kualitas terbaik dan sudah berdiri selama 45 tahun. Di tahun 2019 Templar mengadakan kompetisi buku ilustrasi yaitu “ Templar Illustration and Design Award dimana mengakat tema “where I came from”. Pemenang dari kompetisi ini adalah buku “Baker by The Sea” oleh Paula White. Upaya menghasilkan visual storytelling pada buku tersebut menjadi bagian penting untuk dapat menyajikan narasi yang sederhana menjadi sesuatu yang menarik dimata para pembacanya terutama anak.

Article Details

How to Cite
Resmisari, G. (2023). STRUKTUR VISUAL STORYTELLING BUKU CERITA BERGAMBAR “THE BAKER BY THE SEA”. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 2(1), 86-97. https://doi.org/10.20895/askara.v2i1.1048
Section
Articles

References

manfaat-picture-book-untuk-anak. (2020, 08 06). Retrieved from https://pustakaanalibrary.wordpress.com.
Brooks, W. Q. (2010). Storytelling for user experience : Crafting Stories for Better Design. New York: Rosenfield Media.
Cheyne, J. (2002). Situasional Factors Affecting Sleep Paralysis and Associated Hallucinations : Positioning and Timing Effects. Journal of Sleep Research.
Cheyne, J. (2002). Situationa Factors. Journal of sleep research.
Cousineau, E. P. (1990). The hero's Journey : Joseph Campbell on His Life and Work. Foreword by Stuart L Brown. New York : Harper & Row.
Hermanto, Y. A. (2019). Visual Storytelling In Folklore Childern Book Illustration. Proceeding : International Confrence on Interdisciplinary, Social, Science, Business, Technology and Education (ISBTEC 2019). Bayview Beach Resort, Penang, Malaysia.
Lawrence, C. Z. (2005). The Fundamental of Illustration. United Kingdom: AVA Publishing.
Leeming, D. A. (1981). Mythology : The Voyage of the Hero . New York: Harper & Row.
Maria, N. (2001). guide-to-picture-books. In How Picturebooks work (p. 14). London: Garland Publishing.
Salisbury, M. (2004). Illustrating Childern's Books. Creating Pictures for Publication. New York: Barons Educational Series.
Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Sleman-Yogyakarta: Kanisius.
Styles, M. S. (2012). Childern's Picturebooks. The art of Visual Storytelling. London-UK: Laurence King Publishing.