ANALISIS PERBANDINGAN LOGO PERTAMINA DENGAN LOGO KARYA ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN LOGO AI

Main Article Content

Gabriel Antonio Nicholas Nara

Abstract

Logo merupakan salah satu karya desain yang penting karena logo bertugas sebagai wajah dari sebuah brand. Sebuah logo harus mampu mewakili karakteristik  dari brand-nya agar dapat membedakan diri dari brand lainnya. Seperti brand lainnya, Pertamina juga merupakan sebuah brand besar yang memiliki sebuah logo. Logo tersebut dibuat oleh sebuah agensi desain yang ditangani oleh beberapa desainer logo sehingga dapat menciptakan hasil yang bagus dan efektif. Akan tetapi dalam pembuatan logo tersebut menghabiskan biaya yang cukup tinggi, sedangkan di internet sudah tersedia begitu banyak situs pembuat logo otomatis  berteknologi  artificial intelligence seperti LogoAi yang memerlukan biaya lebih rendah dibandingkan membayar sebuah agensi desain. Tetapi setelah dianalisa lebih dalam menggunakan prinsip dasar desain logo menurut Jacob Cass, terungkap bahwa logo yang dibuat menggunakan LogoAi hanya dapat menciptakan sebuah logo yang sederhana dan serbaguna saja. Untuk menciptakan sebuah logo unik , yang tidak hanya bagus secara visual, tetapi juga dapat bertahan lama dan mengandung makna yang dapat mewakili sebuah brand perusahaan, diperlukan kreatifitas dan kemampuan memberikan makna yang hanya dimiliki oleh manusia dan belum dapat digantikan oleh teknologi. Oleh karena itu, logo Pertamina yang sesungguhnya sudah termasuk efektif karena sudah memenuhi semua prinsip dasar desain apabila dibandingkan dengan logo buatan LogoAi.

Article Details

How to Cite
Nara, G. (2023). ANALISIS PERBANDINGAN LOGO PERTAMINA DENGAN LOGO KARYA ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN LOGO AI. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 2(2), 130-144. https://doi.org/10.20895/askara.v2i2.1268
Section
Articles

References

A. Listya. (2019). Konsep dan Pengunaan Warna dalam Infografis. 6(1), 10–19. https://doi.org/10.30998/JURNALDESAIN.V6I01.2837
A. Oscario. (2023). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202. https://doi.org/10.21512/HUMANIORA.V4I1.3429
Alex W. (2017). The elements of logo design : design thinking, branding, making marks. Allworth Press.
Design A New Logo & Brand You Love! - LogoAi.com. (n.d.). Retrieved February 1, 2023, from https://www.logoai.com/
E. Febriani, R. M. Yojana, D. Hetharia, and A. R. (2022). Perancangan logo produk pada usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 5(3), 376–386. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15003
Makna Logo Pertamina. (n.d.). Retrieved January 28, 2023, from https://www.pertamina.com/id/makna-logo
Mengapa Pertamina | Pertamina. (n.d.). Retrieved January 4, 2023, from https://www.pertamina.com/id/our-people
N. Nurlaela Arief and M. Saputra. (2019). Kompetensi Baru Public Relations (PR) Pada Era Artificial Intelligence. 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37396/JSC.V2I1.19
S. Rustan. (2013). Mendesain Logo. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sejarah Logo Pertamina, Salah Satu Logo Termahal di Dunia. (n.d.). Retrieved January 28, 2023, from https://passiondesigns.co.id/logo-pertamina/
Visi, Misi, Tujuan dan Tata Nilai Pertamina. (n.d.). Retrieved January 28, 2023, from https://www.pertamina.com/id/visi-misi-tujuan-dan-tata-nilai