STRATEGI ROADMAP BRANDING SEBAGAI UPAYA PERANCANGAN YANG BERKELANJUTAN BAGI KEILMUAN DKV UNTUK USAHA MIKRO-KECIL

Main Article Content

Mochamad Ficky Aulia

Abstract

Tujuan utama suatu merek ialah bagaimana ia hadir sebagai citra ke dalam benak audiens melalui nilai-nilai yang dirancang secara konseptual, baik dari segi tampilan maupun alamnya. Hal tersebut dapat memungkinkan untuk berlaku pula bagi jenis usaha Mikro-Kecil yang cenderung berdiri dengan segala macam keterbatasannya. Di level realitas, Usaha Mikro-Kecil kerap menemui jalan buntu, baik dari segi pengelolaan produk maupun pengembangan mereknya. Melalui metode kualitatif dengan studi penelitian terhadap peserta kelas DKV Universitas Nusa Putra baik di mata kuliah terkait branding/identitas merek maupun level Tugas Akhir, yang kerap kali dalam suatu proyek usaha mengalami keterputusan, baik dari aspek praktik rancangan maupun tidak memiliki gagasan berjangka panjang terhadap merek yang dikelolanya. Hal lainnya ialah bahwa desain kerap kali bekerja di area yang terpisah, atau tidak terintegrasi dengan lingkup manajamen yang seharusnya membangun cita-cita yang sama. Upaya pemecahan masalah tersebut semestinya didorong oleh kemampuan kreatif, yang disarankan melalui tata kerja terencana, Roadmap. Dengan tujuan agar kinerja desain mampu diartikan sebagai kata kerja proses yang bersandar pada prinsipnya, yaitu kebaruan dan berkelanjutan. Sehingga berguna bagi tim pengelola merek Usaha Mikro-Kecil dalam mewujudkan visi melalui tahapan-tahapan yang berjenjang. Melalui itu semua, sekalipun strategi diperas menjadi lebih sederhana, namun usaha untuk mengkonstruksi suatu merek tetap berdasar pada kreativitas komunikasi. Hingga hal tersebut yang kemudian menjadi solusi melalui uraian dan strategi alternatif di dalam paparan tulisan ini.

Article Details

How to Cite
Aulia, M. F. (2023). STRATEGI ROADMAP BRANDING SEBAGAI UPAYA PERANCANGAN YANG BERKELANJUTAN BAGI KEILMUAN DKV UNTUK USAHA MIKRO-KECIL. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 2(2), 200-214. https://doi.org/10.20895/askara.v2i2.1332
Section
Articles

References

ADGI, ADPII, AIDIA, HDII, HDMI & IFC. (2020). Buku 1: Dasar Pengadaan & Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia (Yannes Martinus Pasaribu, Ed.; 2nd ed.). Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Kebijakan Strategis.

Cohn, M. (2005). Agile Estimating and Planning: Vol. Robert Martin Series (1st ed.). Pearson Education, Inc. www.XProgramming.com

Davis, D. (2016). Creative Strategy and the Business of Design (1st ed.). HOW Books. USA.

Ficky Aulia, M., Darmawan, A., Wahyuni, T. R. & Christine, E. (2022). Scheme Developing (Alternative) Promotion Designing for Visual Communication Design. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220204.050

Ficky, M. A. (2023). (Sebuah Alternatif) Pengembangan Skema Perancangan Identitas Visual Bagi Desain Komunikasi Visual. Dasa Rupa, 5, 8–33. https://doi.org/https://doi.org/10.52005/dasarrupa.v5i1.141

Hanafi, M. (2015). Modul 1: Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen (Vol. 1). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4533/1/EKMA4116-M1.pdf

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 126 Tahun 2023 Tentang: Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa Profesional, Ilmiah Dan Teknis Golongan Pokok Jasa Profesional, Ilmiah Dan Teknis Lainnya Bidang Desain Grafis Dan Desain Komunikasi Visual, Pub. L. No. nomor 126 tahun 2023, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia 1 (2023). https://peraturan.infoasn.id/keputusan-menteri-ketenagakerjaan-nomor-126-tahun-2023/

Olsen, E. (2007). Strategic Planning For Dummies. Wiley Publishing, Inc. www.wiley.com/go/permissions.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021, Pub. L. No. SK No 086507 A, SK No 086507 A 1 (2021). https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176384/PP_Nomor_7_Tahun_2021.pdf

Project Management Institute (PMI). (2021). Guide to the project management body of knowledge (PMBOK guide) (7th ed.). Project Management Institute, Inc.

Sofyan, R. (2020, 4. December). Zoominar #7 Prinsip Mendesain Identitas (Studi Branding). Universitas Pendidikan Indonesia.

Sofyan Rizal, E. (2021). Pola Pikir Desainer sebagai Pencipta Nilai. Sandi (Seminar Nasional Desain), 1, 1–7. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/159