PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENCARIAN RELAWAN DAN PENGGALANGAN DANA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Main Article Content

Danim Alim Mufti
M. Syaiful Amin

Abstract

Abstrak Dengan berkembangnya teknologi ada sektor masyarakat yang juga merasakan dampak perkembangannya salah satunya adalah penggiat sosial, lingkungan dan kemanusiaan. Meskipun dengan adanya aplikasi penggalangan dana dan pencarian relawan seperti Kitabisa.com yang saat ini menjadi pusat fundraising di Indonesia, namun kendala yang dialami oleh masyarakat dalam menemukan atau mengakses informasi terkait adanya program penggalangan dana dan pencarian volunteer, maka diperlukan aplikasi mobile untuk membantu masyarakat dan juga lembaga sosial untuk melakukan program penggalangan dana dan pencarian relawan. Pada perancangan UI/UX aplikasi pencarian relawan dan penggalangan dana menggunakan metode design thinking yang berfokus pada penyelesaian masalah yang dialami user, dengan tahapannya emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Dengan menerapkan design system seperti font, warna, icon, tombol, dll, dapat menciptakan antarmuka yang menarik dan eifisien digunakan oleh user. Berdasarkan hasil pengujian yang melibatkan tiga partisipan, dengan rata-rata SEQ Metric yang mencapai 4 menunjukkan bahwa pengguna merasa desain tersebut mudah digunakan.

Article Details

How to Cite
Mufti, D., & Amin, M. (2024). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENCARIAN RELAWAN DAN PENGGALANGAN DANA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 3(1), 79-88. https://doi.org/10.20895/askara.v3i1.1373
Section
Articles

References

Asmawati, W. O., & Ramdani, A. (2022). Strategi Fundraising Crowdfunding Untuk Pengembangan Filantropi Sosial Di Indonesia (Study Kasus Kitabisa. Com). KAIS Kajian Ilmu Sosial, 3(1), 1–8.

Cantika, B. N., & Susetyo, Y. A. (2023). Perancangan UI/UX Design Aplikasi Pemesanan Sayur Berbasis Mobile Menggunakan Design Thinking. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 7(2), 618–629.

Fiqri Widiyantoro, M., Ridwan, T., Heryana, N., & Voutama, A. (t.t.). Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking.

Prasetiyo, A., Pertiwi, E. G., & Bagja, B. R. (2023). Perancangan Desain UI/UX Aplikasi E-Commerce Bahan Pangan di Pasar Wage Purwokerto. ASKARA: Jurnal Seni dan Desain, 2(1), 41–55. https://doi.org/10.20895/askara.v2i1.1075

Sundari, I., Sunoto, I., & Zikriah, Z. (2022). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemasukan dan Pengeluaran Donasi Donatur pada Komunitas Muslimah Motivations Djakarta. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 3(02). https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.4351

Swarnadwitya, A. (2020, Maret 17). Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya. Binus University. https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/

Trifena, M., Voutama, A., & Ridha, A. A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Sistem Pendaftaran Rumah Sakit Saraswati Berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking. Indormation Management for Educators and Profesionals, 7(2), 113–123.