PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MAKANAN TRADISIONAL INDONESIA SATURASA DENGAN STRATEGI AISAS
Main Article Content
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam macam budaya, salah satunya kuliner tradisional yang berbeda-beda dari setiap daerahnya. Seiring dengan berkembangnya dunia usaha kuliner yang didukung dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat, maka semakin maraknya pertumbuhan bisnis kuliner di berbagai daerah di Indonesia. Namun disayangkan masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan kuliner internasional, dan kurangnya antusiasme dalam memilih kuliner tradisional Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah melakukan promosi dan inovasi dengan menerapkan strategi AISAS dalam media promosi masakan tradisional, dengan mengambil studi kasus pada brand Saturasa. Dengan adanya strategi AISAS dapat melakukan pendekatan secara efektif dengan target audiens didukung dengan latar belakang kemajuan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan mengobservasi media promosi, media sosial, dan target audiens dari Saturasa, lalu dibuatkan pengaplikasian strategi AISAS dalam media. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan gambaran penggunaan strategi AISAS, sehingga dapat diterapkan untuk perancangan media promosi brand-brand makanan tradisional Indonesia lainnya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Chaudhary, R. K. (2018). Psychological Theory in Typography. Artistic Narration, IX(1), 1–7.
Fardiaz, D. (1998). Peluang, Kendala, dan Strategi Pengembangan Makanan Tradisional. Seminar Nasional Makanan Tradisional Meningkatkan Citra Tradisional Dan Mengembangkan Industri Makanan Indonesia, Pusat Kajian Makanan Tradisional (PKMT).
Gunawan, E. S., Haswanto, N., & Achmad, D. (2011). Keberfungsian Desain Penanda Identitas Berhuruf Cina pada Restoran dan Cafe Di Bandung [The Functionality of Identity Marker Designs with Chinese Letters in Restaurants and Cafes in Bandung]. Wimba: Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia, 3(1), 61–76.
Khattak, D. R. S. R., Ali, H., Khan, Y., & Shah, M. (2018). Color Psychology in Marketing. Journal of Business & Tourism, 4(1), 183–190.
Kismono, G. (2001). Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Magdalena, E., & Susanti, E. (2024). Analisis Penggambaran Desain Ilustrasi Makanan pada Webtoon Slice of Life “Mukbang Life.” Visualita, 12(2), 176–188. https://doi.org/10.34010/visualita.v12i2.11497
Octaviany, A., Susanti, E., & Yonatia, J. (2023). Media Promosi untuk Mengangkat Produk Kerajinan Lokal Indonesia. In R. T. Manurung & A. Pandanwangi (Eds.), Kreativitas dan Inovasi dalam Seni Rupa dan Desain (pp. 91–106). Zahir Publishing.
Rajagukguk, R. J., & Susanti, E. (2024). Peranan Sosial Media dalam Mengedukasi Generasi Muda Mengenai Literasi Keuangan untuk Membangun Kebiasaan Menabung. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(2), 415–424.
Rashad, M., Susanti, E., & Tjandra, M. (2022). Perancangan Promosi Museum Batik Indonesia untuk Generasi Muda melalui Instagram. Serat Rupa Journal of Design, 6(2), 204–219. https://doi.org/10.28932/srjd.v6i2.4619
Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way. by Dentsu Inc.
Zeegen, L. (2009). What is Illustration? RotoVision.