REVITALISASI BUDAYA WISATA AIR SUMBER JIPUT KEDIRI : PERANCANGAN ZINE INTERAKTIF BERBASIS ILUSTRASI DIGITAL

Main Article Content

Andien Nur 'Izzati
Pranti Sayekti

Abstract

Indonesia memanfaatkan pariwisata untuk mengembangkan kekayaan alam dan budaya, yang signifikan terhadap nilai sosial, budaya, dan ekonomi. Di Kediri, Sumber Jiput telah sukses sebagai objek wisata alam keluarga dan diakui dalam ADWI 2024. Namun, pertumbuhan popularitas Sumber Jiput menghadirkan tantangan, yakni peningkatan pengunjung yang tidak sejalan dengan pelestarian nilai budaya dan sejarahnya, diperparah oleh rendahnya apresiasi budaya lokal, terutama di kalangan generasi muda, akibat pengaruh asing. Untuk mengatasi ini, revitalisasi budaya melalui zine interaktif berbasis ilustrasi digital dapat menjadi solusi. Perancangan ini mengikuti metode Design Thinking (David Kelley dan Tim Brown), diawali dengan tahap Empathize, yaitu pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis pada tahap Define menggunakan 5W+1H untuk menentukan solusi. Konsep disusun pada tahap Ideate, dan perancangan visual dilakukan pada tahap Prototype. Terakhir, tahap Testing menguji kelayakan karya melalui pameran dan kuesioner. Hasil akhir perancangan ini adalah zine "Halo, Sumber Jiput!" sebagai media utama, dilengkapi media pendukung seperti zine versi digital, puzzle, tas belanja, payung, dan tumbler.

Article Details

How to Cite
’Izzati, A., & Sayekti, P. (2025). REVITALISASI BUDAYA WISATA AIR SUMBER JIPUT KEDIRI : PERANCANGAN ZINE INTERAKTIF BERBASIS ILUSTRASI DIGITAL. Askara: Jurnal Seni Dan Desain, 4(1), 292-307. https://doi.org/10.20895/askara.v4i1.1875
Section
Articles

References

Deputi 2 Pengembangan Pemuda KEMENPORA Pemuda RI. (2024). Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2024 Berakhir, Kemenpora Berharap Pemuda Pelopor Miliki Daya Saing Tinggi Untuk Pembangunan Indonesia. https://deputi2.kemenpora.go.id/detail/307/pemilihan-pemuda-pelopor-tingkat-nasional-2024-berakhir-kemenpora-berharap-pemuda-pelopor-miliki-daya-saing-tinggi-untuk-pembangunan-indonesia
Dewi, A. T. R., Aini, A. N., Sania, I., Azizah, N. Z., Nurpadilah, Y., & Supriyono. (2024). Rendahnya Minat pada Budaya Lokal di Kalangan Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 23642–23649.
Fidyani, L. I., & Patria, A. S. (2023). Perancangan E-Guide Book Kampung Majapahit Sebagai Upaya. Jurnal Seni Rupa, 11(1), 37–50.
Ginanjar, J., & Sukoco, I. (2022). Penerapan Design Thinking Pada Sayurbox. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.34010/jurisma.v12i1.5078
Kelley, D., & Brown, T. (2018). An introduction to Design Thinking. Institute of Design at Stanford, 6. https://dschool-old.stanford.edu/sandbox/groups/designresources/wiki/36873/attachments/74b3d/ModeGuideBOOTCAMP2010L.pdf
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2024). Desa Wisata Sumber Jiput. Jadesta Kemenparekraf. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/sumber_jiput
Kuswantoro, D. D., & Prabawa, B. (2017). Perancangan Buku Panduan Wisata Kabupaten Tulungagung the Design of Tourism Guide Book About Tulungagung Regency. E-Proceeding of Art & Design, 4(3), 472–478.
Miswanto, E. A., Pratama, H., Khasanah, M., Nidzar, S., & Mazia, L. (2023). Implementasi Design Thinking Untuk Business Sustainability Usaha Gokil (Gosok Kilat Laundry). Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 2(2), 52–58. https://doi.org/10.33480/jasdim.v2i2.4315
Putra, I. M. D., Dharma, Astuti, N. K. R., & Putraka, A. N. A. (2025). PERANCANGAN ZINE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI VISUAL DI BLACK HAND GANG STUDIO. ISI Denpasar, 1–22.
Rahmadi, A. N., Suprajang, S. E., Hariyati, A., & Kristina, Y. (2024). Analysis Customer Relationship Management ( CRM ) for increase Competitive Advantage in Water Tourism “ Jiput ” Kediri City. 05(01), 66–74.
Resmadi, I., & Bastari, R. P. (2022). Perancangan Media Informasi dan Promosi Label Rekaman Musik Independen Warkop Musik Dengan Pendekatan Design Thinking. 10(April), 1–22.
Salsabila, A., Sayekti, P., & Hermanto, Y. A. L. (2023). Perancangan Visual Identity Pada Butik E Collection Balikpapan Sebagai Media Informasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 7(02), 29–42. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v7i02.952
Seno, I. A., Sayekti, P., & Arizal, F. W. (2025). Branding Desa Sambimulyo sebagai Destinasi Wisata Kebun Jeruk. 7(01), 52–66.