IMPLEMENTASI WEBINAR SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS EVENT WEBINAR IT TELKOM JAKARTA “EKSPEKTASI ANTARA DUNIA & REALITA, DUNIA KERJA & CITA-CITA”)

Main Article Content

reza ramadani firman
Trimalda Nur Fitriati

Abstract

Era new normal saat ini masih cukup ketat, dikarenakan Indonesia belum begitu pulih dari kasus pandemi covid-19, menyebabkan beberapa kegiatan atau kebiasaan yang dilakukan masyarakat berubah. Seperti halnya yang terjadi pada dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi di Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk belajar online dari rumah bersamaan dengan kegiatan lain seperti seminar. Pada era revolusi industri 4.0 seperti sekarang merupakan sesuatu yang harus dipahami dan diimplementasikan. Tren saat ini, informasi dan pesan pembelajaran disebar luaskan dengan menggunakan media berbasis teknologi internet webinar. Webinar juga digunakan sebagai metode dalam berkomunikasi yang efektif di masa pandemi Covid-19 berlangsung. Webinar dimanfaatkan sebagai salah satu strategi komunikasi yang baik bagi perguruan tinggi dan sebagai sarana untuk memudahkan perguruan tinggi dalam menjangkau khalayak dalam jumlah besar. Salah satu kampus yang memanfaatkan webinar adalah kampus Institut Teknologi Telkom. Institut Teknologi Telkom memanfaatkan terobosan teknologi webinar ini selama masa pandemi Covid-19 berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara Kualitatif. Penggunaan pendekataan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara umum tentang fenomena yang telah dialami atau dirasakan oleh subjek penelitian. Metode deskriptif kualitatif digunakan sebagai jenis penelitian. Teori webinar yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori dari Verma [1], Tamime dalam [2], dan Durahman & Noer [3].

Article Details

How to Cite
firman, reza, & Fitriati, T. (2022). IMPLEMENTASI WEBINAR SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 1(2), 62-70. https://doi.org/10.20895/askara.v1i2.833
Section
Articles

References

[1] A. Verma and A. Singh, “Webinar - Education through digital collaboration,” in Journal of Emerging Technologies in Web Intelligence, May 2010, vol. 2, no. 2, pp. 131–136. doi: 10.4304/jetwi.2.2.131-136.
[2] V. A. Gogali, M. Tsabit, F. Syarief, and C. Sitasi, “Pemanfaatan Webinar Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-2019 (Studi Kasus Webinar BSI Digination ‘How To Be A Youtuber And An Entrepreneur’),” vol. 20, no. 2, 2020, doi: 10.31294/jc.v19i2.
[3] N. Durahman and Z. M. Noer, “Aplikasi Seminar Online (Webinar) untuk Pembinaan Wirausaha Baru,” Jurnal Manajemen Informatika, vol. 6, no. 2, 2019.
[4] I. G. D. Gunawan, I. ketut Suda, and K. H. Primayana, “Webinar sebagai Sumber Belajar di Tengah Pandemi Covid-19,” Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, vol. 4, no. 2, pp. 127–132, Nov. 2020.
[5] V. A. Gogali, M. Tsabit, and F. Syarief, “Pemanfaatan Webinar sebagai Media Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Webinar BSI Digination ‘How to be a Youtuber and an Entrepreneur’),” Cakrawala - Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, vol. 20, no. 2, Nov. 2020.
[6] D. McQuail, Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.
[7] D. Haryanto and N. Durahman, “Implementasi Webinar untuk Pembinaan Wirausaha Baru Kota Tasikmalaya,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 41–50, 2019.
[8] S. Hastjarjo, New Media Teori dan Aplikasi. Surakarta: Lindu Pustaka, 2011.
[9] A. I. Mansyur, R. Purnamasari, and R. M. Kusuma, “Webinar sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah untuk Pendidikan Seksual berbasis Online (Meta Analisis Pedadogi Online),” Suloh - Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, vol. 4, no. 1, pp. 26–30, Jun. 2019.
[10] R. Rain Barry, Y. F. C. P. Meilani, J. J. Huliselan, and J. S. Sembel, “Webinar Karier: Pilih Prodi yang Tepat untuk Tren Pekerjaan Zaman Now,” vol. 6, no. 3, p. 2021, 2021, doi: 10.30653/002.202163.804.
[11] L. J. Moelong, Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed), 1st ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.