Analisis Pengaruh Penggunaan VTP Pruning Pada Jaringan VLAN

Main Article Content

Muhammad Giri Sakti
Kukuh Nugroho
Jafaruddin Gusti Amri Ginting

Abstract

VLAN (Virtual Local Area Network) banyak digunakan dalam jaringan komputer untuk mengatur jaringan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penggunaan VLAN mampu memberikan efisiensi dan efektifitas melalui segmentasi jaringan. Selain itu mampu juga memperbaiki kinerja keamanan suatu jaringan. Komunikasi dalam jaringan VLAN sendiri terdapat 2 jenis yaitu komunikasi antar VLAN yang berbeda disebut inter-VLAN dan komunikasi antar VLAN yang sama disebut Intra-VLAN. Didalam Jaringan VLAN ini terdapat Perangkat Switch yang saling dihubungkan dengan jalur Trunk. Komunikasi yang terjadi antar VLAN-ID yang menggunakan jalur Trunking ini menimbulkan pengaruh kualitas parameter QOS. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penggunaan VTP Pruning dalam jaringan VLAN. Dalam Penelitian ini akan meng analisis dari pengaruh penggunaan VTP Pruning pada jaringan VLAN. Parameter QOS yang dijadikan acuan analisis performansi adalah throughput, delay, jitter dan packet loss.Berasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata QOS jaringan VLAN yang menggunakan VTP Pruning lebih baik dibandingkan dengan rata-rata jaringan VLAN yang tidak menggunakan VTP Pruning, sehingga dapat disimpulkan bahwa VTP Pruning memiliki pengaruh yang baik bagi jaringan VLAN.

Article Details

How to Cite
Sakti, M., Nugroho, K., & Ginting, J. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan VTP Pruning Pada Jaringan VLAN. Journal of Telecommunication Electronics and Control Engineering (JTECE), 2(1), 44-53. https://doi.org/10.20895/jtece.v2i1.132
Section
Articles

References

[1] E. V. Haryanto, Jaringan Komputer, 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.
[2] K. Nugroho, Switch dan Multilayer Switch Cisco Implementasi Jaringan Akses. Bandung: Informatika Bandung, 2017.
[3] D. Supriyadi, Andi; Gartina, “MEMILIH TOPOLOGI JARINGAN DAN HARDWARE DALAM DESAIN SEBUAH JARINGAN KOMPUTER,” Inform. Pertan., vol. 16 No 2, 2007.
[4] I. Sofana, Cisco CCNA - CCNP Routing dan Switching, BI-Obses. Bandung: Informatika Bandung, 2017.
[5] O. K. Sulaiman, “Analisis sistem keamanan jaringan dengan menggunakan Switch port Security,” Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 9–14, 2016.
[6] I. Riadi, “Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Pemfilteran Aplikasi Berbasis Mikrotik Pendahuluan Landasan Teori,” JUSI, Univ. Ahmad Dahlan Yogyakarta, vol. 1, no. 1, pp. 71–80, 2011.
[7] R. Efendi and I. R. Widiasari, “Pengujian Kinerja Jaringan Pada Virtual Local Area Network ( VLAN ) Menggunakan Virtual Trunking Protocol ( VTP ),” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2012.
[8] S. S. Hanadwiputra, “Analisa dan Implementasi VTP dengan Etherchannel Type LACP,” J. Kaji. Ilmu dan Teknol., vol. 7, pp. 2089–1245, 2018.
[9] I. R. Efendi;, Rissal; Widiasari, “Segmentasi Broadcast Domain dalam Virtual Local Area Network (VLAN) dengan Memanfaatkan Virtual Trunking Protocol (VTP) Pruning untuk Penghematan Bandwidth,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 3, p. 7, 2012.
[10] P. H. Sutanto, “Perancangan Virtual Local Area Network Berbasis VTP Dan Inter-Vlan Routing,” J. Tek. Komput., vol. IV, no. 2, pp. 125–134, 2018.
[11] R. Wulandari, “ANALISIS QoS (QUALITY OF SERVICE) PADA JARINGAN INTERNET (STUDI KASUS : UPT LOKA UJI TEKNIK PENAMBANGAN JAMPANG KULON – LIPI),” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 162–172, 2016.
[12] W. P. Sasmita, N. Safriadi, and M. A. Irwansyah, “Analisis Quality of Service (QoS) pada Jaringan Internet (Studi Kasus: Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura),” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 37–43, 2013.
[13] TIPHON, “Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON); General aspects of Quality of Service (QoS),” 1999.