Analisis dan Perancangan Aquascape menggunakan Protokol MQTT untuk Media Pengiriman Data Suhu dan pH

Main Article Content

Reza Kurniawan
Fikra Titan Syifa
M. Lukman Leksono

Abstract

Aquascape merupakan sebuah seni mengatur tanaman air , ikan hias dan batu pada sebuah akuarium. Berbeda dengan akuarium pada umumnya aquascape menjadi tempat hidup dan berkembang ikan sekaligus tumbuhan air. Tumbuhan air untuk berkembang akan membutuhkan energi melalui proses fotosintesis. Proses fotosintesis tumbuhan air memerlukan pencahayaan sebagai pengganti sinar matahari. Sehingga dibuatlah suatu sistem media pengiriman data atau monitoring suhu air dan kualitas ph untuk mengetahui kualitas kesehatan aquascape tersebut. Suhu air ideal suhu air di dalam aquascape tersebut yaitu 20-28 derajat Celcius dan nilai PH yang baik adalah 6,0 – 8,0. Sistem ini berbasis mikrokontroler NodeMCU ESP8266 yang terhubung dengan sensor suhu DS18B20 dan PH Senor. Dengan dibuatnya sebuah sistem ini yang dihubungkan ke melalaui protokol MQTT, terdiri dari rangkaian alat - alat diatas diharapkan dapat melakukan pengiriman data atau monitoring suhu air dan kualitas PH secara realtime walaupun pengguna diluar rumah atau lokasi yang jauh dari aquascape tersebut, pengguna dapat memonitoring kesehatan aquascape tersebut.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, R., Syifa, F., & Leksono, M. L. (2022). Analisis dan Perancangan Aquascape menggunakan Protokol MQTT untuk Media Pengiriman Data Suhu dan pH. Journal of Telecommunication Electronics and Control Engineering (JTECE), 4(1), 1-14. https://doi.org/10.20895/jtece.v4i1.344
Section
Articles

References

[1] M. S. A, A. G. Putrada, and N. A. Suwastika, “Implementasi dan Analisis Pengurasan Otomatis Aquascape Berdasarkan Kualitas Air Menggunakan Fuzzy Logic,” e-Proceeding Eng., vol. 6, no. 1, pp. 2091–2099, 2019.
[2] S. Raharjo, E. Kurniawan, and E. D. Nurcahya, “Sistem Otomatisasi Fotosintesis Buatan Pada Aquascape Berbasis Arduino,” Komputek, vol. 2, no. 1, p. 39, 2018, doi: 10.24269/jkt.v2i1.66.
[3] Hasrianti and Nurasia, “ANALISIS WARNA, SUHU, pH DAN SALINITAS AIR SUMUR BOR DI KOTA PALOPO,” Anal. Warn. SUHU, pH DAN Salin. AIR SUMUR BOR DI KOTA PALOPO, vol. 02, pp. 747–753, 2016.
[4] “Parameter kualitas Ph.” https://www.rajapetshop.com/en/news/APA-SAJA-PARAMETER-AIR-DALAM-AQUASCAPE#:~:text=Besaran pH terdiri antara 0,sangat berhubungan dengan alkalinitas air. (accessed Nov. 08, 2020).

Most read articles by the same author(s)