ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES MAKNA PESAN IKLAN SASA VERSI “DISCOVER A WORLD WITH FULL OF FLAVOUR”

Main Article Content

Rizka Putri Ivory
Adnan Setyoko
Gusnita Linda
Robert Hendra Yudianto

Abstract

Iklan sendiri menurut Kotler dan Amstrong apabila ingin menjadi iklan yang baik dan dapat memberikan pesan secara efektif serta membuat audiens tergerak akan apa yang kita inginkan, iklan tersebut haruslah menarik dan unik bagi masyarakat dibanding kompetitor atau produk yang serupa. Hal inilah yang dilakukan oleh Sasa salah satu produsen bumbu penyedap rasa yang terbesar di pasarnya yang terkenal sebagai brand dengan sebutan “micin” dalam benak masyarakat atau dalam top of mind konsumen. Iklan Sasa versi Discover a World with Full of Flavour mengusung tema yang cukup menarik untuk dibahas oleh peneliti. Tak sama dengan iklan bumbu biasanya yang mengemas iklannya sebatas bertema masak memasak saja, tetapi iklan Sasa kali ini menyuguhkan konsep iklan story telling yang dikemas dengan genre dreamy dan fantasi yang membuat audiens tertarik untuk menonton iklan yang berdurasi satu menit ini hingga akhir bahkan tidak sedikit dari audiens untuk menonton ulang iklan Sasa versi Discover a World with Full of Flavour di kanal Youtube resmi milik Sasa. sehingga peneliti ingin mengupas beberapa absurditas kode atau tanda-tanda visual menggunakan kajian semiotika Roland Barthes dengan membedah denotasi dan konotasi dari iklan Sasa versi Discover a World with Full of Flavour.

Article Details

How to Cite
Ivory, R., Setyoko, A., Linda, G., & Yudianto, R. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES MAKNA PESAN IKLAN SASA VERSI “DISCOVER A WORLD WITH FULL OF FLAVOUR”. ASKARA: Jurnal Seni Dan Desain, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.20895/askara.v2i1.1086
Section
Articles

References

A. P. Sinurat, “Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Non-Alkohol Bir Bintang Zero Pada Konsumen Alfamart Kecamatan Medan Tembung,” pp. 1–23, 2020.
S. Aisyah et al., Dasar-Dasar Periklanan, no. April. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
A. C. P. Tito and C. Gabriella, “Faktor-faktor Iklan yang Dapat Menarik Penonton Untuk Menonton Iklan Skip-Ads di Youtube Sampai Selesai,” J. Akunt. Maranatha, vol. 11, no. 1, pp. 98–114, 2019, doi: 10.28932/jam.v11i1.1544.
D. Wulandari, “Langkah Sasa Mengubah Stigma Negatif Melalui Kampanye ‘Generasi Micin,’” Mix.co.id, 2020. https://mix.co.id/marcomm/brand-communication/branding/langkah-sasa-mengubah-stigma-negatif-melalui-kampanye-generasi-micin/ (accessed Feb. 02, 2023).
I.S.W. wibowo, SEMIOTIKA KOMUNIKASI Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi Edisi 3, 2nd ed. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media, 2018.
P. Wibisono and D. Y. Sari, “Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira,” J. Din. Ilmu Komun., vol. 1, no. 1, pp. 30–43, 2021.
R. Septiana, “Makna Denotasi, Konotasi Dan Mitos Dalam Film Who Am I Kein System Ist Sicher (Suatu Analisis Semiotik),” J. skripsi, vol. 6, no. 1, pp. 5–10, 2019.
Agus zaenul Fitri and N. Haryanti, “Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif,kualitatif dan Reasarch and Development,” Madani media, p. 115, 2020.
D. Rusmana, Filsafat Semiotika: Paradigma, Teori, dan Metode Interpretasi Tanda dari Semiotika Struktural Hingga Dekonstruksi Praktis, 1st ed. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Y. Nadi, “Denotasi dan Konotasi: Perbedaan, Ciri-ciri, dan Contoh Kalimatnya,” Kompas.com, 2022. https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/09/184400969/denotasi-dan-konotasi-perbedaan-ciri-ciri-dan-contoh-kalimatnya#:~:text=Kata yang memiliki makna kias,gunakan disebut dengan kata denotasi. (accessed Feb. 01, 2023).