KAJIAN SOSIOLOGI DESAIN POSTINGAN INSTAGRAM JOKOWI VERSI UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
Main Article Content
Abstract
Media sosial seperti Instagram saat ini tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Berbagai fungsi dapat dilakukan, salah satunya adalah sebagai media pembentuk personal branding. Banyaknya pengguna Instagram di Indonesia saat ini dimanfaatkan oleh publik figur untuk membentuk citra baik di tengah masyarakat. Tidak terkecuali presiden negara Indonesia saat ini, Bapak Joko Widodo (Jokowi). Jokowi memanfaatkan akun stagram @jokowi sebagai alat untuk menyapa dan membentuk citra positif di masyarakat. Salah satu unggahan di akun Instagram Jokowi yang sangat menarik adalah unggahan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444H pada 22 April 2023. Postingan ini menjadi menarik karena mengandung hal-hal yang viral serta fenomena yang dekat dengan sedang terjadi pada saat ini. Pengikut merasa memiliki relasi dengan kejadian-kejadian yang ditorehkan dalam ilustrasi tersebut karena mengandung fenomena sosial terkini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan membedah desain Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H unggahan Jokowi dari segi sosiologi desain, dimana desain tidak hanya muncul begitu saja tetapi dipengaruhi kondisi-kondisi sosial yang ada di sekitarnya. Hasil dari penelitian berupa terdapat berbagai fenomena sosial berupa kejadian nyata yang memang turun temurun terjadi di Indonesia dan sudah menjadi tradisi. Terdapat juga fenomena sosial yang sedang viral dan keadaan-keadaan yang terjadi saat ini. Realitas sosial yang ditemukan saat momen Lebaran ditandai dengan adanya habitus, dimana hal tersebut berhubungan dengan kapital dan modal simbolik dibaliknya. Selain itu, realitas sosial yang ditemukan pada gaya hidup dan perilaku masyarakat saat momen Lebaran juga mengandung praktek konsumsi simbol dimana berhubungan dengan kelas sosial maupun strata sosial tertentu.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azizah, K. N. (2023). Viral Ibu Khawatir Anak DiciumSembarangan saat Lebaran, Dokter Bilang Gini. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6684076/viral-ibu-khawatir-anak-dicium-sembarangan-saat-Lebaran-dokter-bilang-gini
Bourdieu, P. (2010). Arena Produksi Pemikiran Bourdieu. Pustaka Belajar.
Cassie, A. (n.d.). Generation Z and Mental Health. Retrieved July 27, 2023, from https://www.aecf.org/blog/generation-z-and-mental-health
Delicia. (2015). Musibah Akibat Batu Akik di Hari Lebaran. https://www.kompasiana.com/delicia/55a991d7b492735c26cfe9db/musibah-akibat-batu-akik-di-hari-Lebaran
Fashri, F. (2016). Pierre Bourdieu: Menyingkap Kuasa Simbol. Jalasutra.
Fuad, M. (2016). Makna Hidup Di Bauk Tradisi Mudik Lebaran (Studi Fenomenologi Atas Pengalaman Pemudik Dalam Merayakan Idul Fitri Di Kampung Halaman). KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 107–123. https://doi.org/10.24090/komunika.v5i1.774
Ghofir, J., & Jabbar, M. A. (2022). Dalam Membangun Budaya Islam. 2, 404–420.
Goodman, D. J., & Ritzer, G. (2004). Teori Sosiologi Modern. Kencana.
Imaduddin. (2021). Branding Calon Presiden Melalui Media Sosial Instagram Dalam Menarik Pemilih Milenial Pada Pilpres 2019 (Analisis Semiotika Pada Akun Instagram @jokowi Postingan Tanggal 19 April 2018 – 04 April 2019). Universitas Muhammadiyah Malang.
Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. Badan penerbit ISI.
Manilasari, S. (2023). Aufa Aqil Ghani Sosok Ilustrator Gambar Unggahan Jokowi yang Selalu Viral, Staf Presiden Lulusan ITB. https://style.tribunnews.com/2023/02/09/aufa-aqil-ghani-sosok-ilustrator-gambar-unggahan-jokowi-yang-selalu-viral-staf-presiden-lulusan-itb
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyaningtyas, D. (2023). Viral Baju Lebaran Kelewat Unik Terbuat dari Gorden, Ini 6 Potretnya. https://www.liputan6.com/hot/read/5264431/viral-baju-Lebaran-kelewat-unik-terbuat-dari-gorden-ini-6-potretnya
Mustikasari, M., Arlin, & Kamaruddin, Syamsu. A. (2023). Pemikiran Pierre Bourdieu dalam Memahami Realitas Sosial. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 6(1), 9–14.
Rosa, N. (2023). Asal-Usul Tradisi Salam Tempel, Ada saat Lebaran hingga Imlek. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6685076/stok-Lebaran-edu-22-april-asal-usul-tradisi-salam-tempel-ada-saat-Lebaran-hingga-imlek
Sachari, A. (2002). Sosiologi Desain. Penerbit ITB.
Ulfa, N. S. (2012). Konsumsi sebagai Penanda Kesejahteraan Sosial. Ilmu Politik, 1(3), 34–41.
Utomo, G. P. (2023). Dibelikan Baju Lebaran Oleh Menantu Perempuan, Ibu Mertua Ngakak Setelah Mencoba: “Kaya Ikan Pari” Artikel ini telah tayang di TribunStyle.com dengan judul Dibelikan Baju Lebaran Oleh Menantu Perempuan, Ibu Mertua Ngakak Setelah Mencoba: “Kaya Ikan Pari.” https://style.tribunnews.com/2023/04/22/dibelikan-baju-Lebaran-oleh-menantu-perempuan-ibu-mertua-ngakak-setelah-mencoba-kaya-ikan-pari
Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023.
Zidna, R. R. A. (2023). Pemudik Nekat Bawa Motor di Atas Mobil, Netizen Tanya Cara Naikkan Motornya. https://yoursay.suara.com/news/2023/04/20/200919/pemudik-nekat-bawa-motor-di-atas-mobil-netizen-tanya-cara-naikkan-motornya